Kabupaten Agam Jalin Kerjasama Peningkatan SDM dengan ISI Padang Panjang

Kabupaten Agam Jalin Kerjasama Peningkatan SDM dengan ISI Padang Panjang

TOPSUMBAR – Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang terus mendukung peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Agam.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Rektor ISI Padang Panjang, Dr. Febri Yulika, saat acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait peningkatan SDM.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Agam, Dr. H Andri Warman, yang digelar di kampus perguruan tinggi pada Jumat, 16 Februari 2024.

Bacaan Lainnya

Dr. Febri Yulika menegaskan kesiapan ISI Padang Panjang untuk menerima generasi Agam yang berminat pada seni budaya.
Sebagai salah satu dari tujuh perguruan tinggi seni di Indonesia, ISI Padang Panjang merasa bertanggung jawab mendidik generasi khususnya Agam.

Rektor juga mengajak Pemerintah Kabupaten Agam untuk menyampaikan informasi ini kepada pendidik dan generasi.

Termasuk generasi yang baru saja menyelesaikan pendidikan menengah, terutama bagi yang berminat melanjutkan studi di bidang seni budaya.

“Jika Agam memiliki niat untuk mempromosikan seni budayanya ke luar negeri, kami bersedia bekerja sama,” ujar Febri.

Selain penandatanganan MoU, Dr. Febri Yulika menjelaskan bahwa kerjasama ini tidak hanya sebatas formalitas di atas kertas.

Melainkan, ISI Padang Panjang telah siap untuk mengimplementasikan MoU tersebut.

Bahkan, Agam langsung ditetapkan sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini.

Dr. Febri Yulika juga memaparkan bahwa ISI Padang Panjang memiliki dua fakultas untuk program Sarjana (S1) dan Diploma Empat (D4).

Fakultas Seni Pertunjukan memiliki 10 program studi, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki 11 program studi.

Pada tingkat Pascasarjana, ISI Padang Panjang memiliki empat program studi, termasuk Penciptaan dan Pengkajian Seni, Studi Humanitas, Pendidikan Seni, dan Penciptaan Seni.

Bupati Agam, Dr. H Andri Warman, memberikan sambutan positif terhadap dukungan dari ISI Padang Panjang dalam upaya peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Agam.

Menurutnya, kerjasama ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Agam terhadap program peningkatan kualitas SDM.

“Kita sudah bekerja sama dengan belasan perguruan tinggi ternama, baik di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat, salah satunya ISI Padang Panjang,” ungkapnya.

Ia juga meminta OPD terkait untuk melakukan pemetaan program studi yang dapat bekerjasama dengan perguruan tinggi seni tersebut.

“Terlebih lagi, saat ini kita sedang berupaya mengembangkan seni budaya, yang menjadi salah satu prioritas di Kabupaten Agam,” tambahnya.

Melalui kerjasama ini, Bupati berharap agar ISI Padang Panjang dapat memberikan dukungan finansial dengan biaya kuliah yang terjangkau.

Sebagai tanda terima kasih, Andri Warman memberikan sepasang sepatu Puma Ferrari kepada Dr. Febri Yulika dalam momen tersebut.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait