Peresmian Sarana Panahan Berkuda, Tonggak Sejarah Olahraga di Sumatra Barat

TOPSUMBAR – Sarana panahan berkuda pertama di Sumatra Barat kini telah diresmikan di Kota Pariaman. Penjabat Wali Kota Pariaman, Roberia, secara resmi membuka sarana ini dalam sebuah acara yang berlangsung di Lapangan SDIT Nurul Ilmi Billigual Integrated Islamic School (NIBIIS) Kota Pariaman pada Sabtu 23 Desember 2023.

Roberia menyampaikan, “Olahraga panahan berkuda di Kota Pariaman merupakan satu-satunya kegiatan sejenis di Sumatra Barat. Atlet Kota Pariaman telah membuktikan prestasinya dengan meraih juara tiga tingkat nasional dalam olahraga panahan berkuda. Kami berharap semangat ini terus berkembang, dan mereka terus meraih prestasi yang membanggakan.”

Panahan berkuda adalah cabang olahraga ethnosport atau olahraga tradisional yang saat ini sedang mendapat perhatian global.

Bacaan Lainnya

Olahraga ini kaya akan unsur budaya dan sejarah, serta diakui sebagai olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

“Sarana olahraga panahan berkuda ini diharapkan dapat menjadi tempat latihan dan wadah prestasi bagi generasi Kota Pariaman,” tambahnya.

Syafruddin Tamar, Pembina Paraquest Pariaman, menjelaskan bahwa kegiatan paraquest di Pariaman merupakan bagian dari program NIBIIS Kota Pariaman dan bekerja sama dengan Yayasan Anak Bina Indonesia. Yayasan ini fokus pada pendidikan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.

“Paraquest yang kami adakan bertujuan untuk memberikan pendidikan keterampilan kepada anak-anak NIBIIS Kota Pariaman. Sarana olahraga panahan berkuda diharapkan dapat membantu mengasah keterampilan anak-anak, khususnya mereka yang tinggal di Kota Pariaman,” ungkapnya.

“Dengan adanya sarana panahan berkuda ini, kami berharap anak-anak Kota Pariaman dapat mengembangkan keterampilan olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW,” tutupnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait