BPS Kota Pariaman Gagas Inovasi Melalui FGD Satu Data 2024

BPS Kota Pariaman Gagas Inovasi Melalui FGD Satu Data 2024

TOPSUMBAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman menggelar Focus Group Discussion (FGD) Satu Data 2024.

Acara bertujuan untuk memfinalisasi Publikasi Pariaman Dalam Angka 2024.

Berlangsung di Balairung rumah dinas Walikota Pariaman, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, pada Selasa 20 Februari 2024.

Bacaan Lainnya

Yuliandri, Kepala BPS Kota Pariaman, membuka acara tersebut. Turut hadir perwakilan Forkopimda, OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Rumah Sakit, dan Lembaga Pendidikan Tinggi di Kota Pariaman.

Gagasan mengenai “Aktualisasi Pelaksaan Statistik Sektoral Menuju Satu Data Indonesia” di sampaikan oleh Devi Hariandi sebagai Narasumber utama.

Menurut Yuliandri, Kepala BPS Kota Pariaman, FGD tersebut merupakan langkah nyata dalam menghasilkan data yang akurat dan dapat di andalkan untuk keperluan perencanaan.

Ia menekankan peran penting setiap institusi, mulai dari BAPPEDA sebagai Sekretariat Satu Data, Dinas Kominfo sebagai Walidata.

Kemudian BPS sebagai Pembina data, dan OPD serta instansi vertikal sebagai sektor statistik.

Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan finalisasi dan crosscek data, mencegah adanya perbedaan dalam Pariaman Dalam Angka 2024 yang akan terbit.

“Data yang akurat, mutakhir, dan dapat terpercaya adalah dasar penting dalam pengambilan kebijakan pemerintah yang efektif dan berdampak langsung pada masyarakat. Sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI). Kegiatan ini mendukung tata kelola data untuk mendukung pembangunan,” ujar Yuliandri.

Ia juga menegaskan bahwa FGD bukan sekadar pertemuan rutin setiap awal tahun, tetapi juga merupakan platform penting untuk berdiskusi, menyelaraskan, dan mengevaluasi data yang akan terbit dalam Buku Kota Pariaman Dalam Angka 2024.

“Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif peserta dengan sesi tanya jawab, memastikan informasi yang disampaikan memiliki mutu dan relevansi yang tinggi. BPS memegang peran kunci dalam melayani masyarakat, dan hasil data tersebut akan menjadi acuan utama dalam mengukur kemajuan pembangunan Kota Pariaman,” tambahnya.

Pada FGD Satu Data 2024 Kota Pariaman, selain diskusi, terdapat sesi tanya jawab antara peserta, moderator dari BPS Kota Pariaman, dan narasumber.

Acara berakhir dengan momen foto bersama, menandai kolaborasi dan kontribusi berbagai pihak dalam upaya mewujudkan data yang berkualitas.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait