Eksplorasi Budaya Lokal, Diskusi Produktif antara Sekda Kota Pariaman dan Mahasiswa NDHU Taiwan

Eksplorasi Budaya Lokal, Diskusi Produktif antara Sekda Kota Pariaman dan Mahasiswa NDHU Taiwan

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, menerima kunjungan khusus dua mahasiswa dari National Dong Hwa University (NDHU), Taiwan.

Pertemuan tersebut diadakan di ruang kerja Kantor Sekda Balaikota Pariaman pada hari Senin, 13 Februari 2024.

Kedua mahasiswa tersebut, Bima Jon Nanda dan Inda Mustika Permata, merupakan asli dari Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Mereka saat ini sedang mengejar gelar Doktor (S3) dalam studi Regional Asia-Pasifik di Sekolah Tinggi Humaniora dan Ilmu Sosial.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data penelitian mereka yang berjudul “Innovation and Culture: Lokal Values in Pariaman’s Smart City Development”.

Dalam pertemuan tersebut, Sekdako menjelaskan tentang proyek Smart City yang telah dilaksanakan di Kota Pariaman selama beberapa tahun terakhir.

Kota tersebut telah menerima dukungan dan bimbingan dari Kementerian Kominfo RI dalam penyusunan masterplan Smart City pada tahun 2022.

Ia juga menyampaikan penghargaan yang diterima Kota Pariaman dari ITB terkait Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI).

Menurutnya, konsep Smart City tidak hanya terbatas pada teknologi informasi, tetapi juga mencakup efisiensi dan integrasi layanan publik.

Ia menegaskan bahwa penerapan konsep Smart City sangat penting dalam menjawab tantangan kehidupan modern.

Selain itu, Ia juga menjelaskan berbagai upaya Kota Pariaman dalam meningkatkan layanan publik.

Salah satu upaya tersebut ialah Mall Layanan Publik (MPP) yang menyediakan layanan terpadu bagi masyarakat.

Menurutnya, inovasi dalam memperbaiki layanan publik Kota Pariaman secara konsisten mendapatkan pengakuan dari Kemendagri melalui penghargaan Innovative Government Award (IGA).

Dalam diskusi dengan Bima dan Inda, Ia juga membahas tentang pengembangan pariwisata di Kota Pariaman.

Mereka bertukar pikiran tentang cara meningkatkan daya tarik destinasi wisata yang ada, dengan mengambil inspirasi dari pengalaman pariwisata di Taiwan.

Pertemuan tersebut menjadi forum bagi pertukaran gagasan dan pengalaman antara Kota Pariaman dan mahasiswa internasional.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait