Antusiasme Masyarakat terhadap Gerakan Pangan Murah yang Digelar Pemerintah Kota Pariaman

Antusiasme Masyarakat terhadap Gerakan Pangan Murah yang Digelar Pemerintah Kota Pariaman

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Pariaman telah menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menarik perhatian masyarakat pada Rabu, 6 Maret 2024 lalu.

Kegiatan teresebut diadakan oleh Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP), Disperindagkop & UKM, serta Perum Bulog.

GPM diadakan dengan tujuan sebagai stabilisasi pasokan dan harga murah yang akhir-akhir ini terjadi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok.

Bacaan Lainnya

Selain GPM, turut di gelar Bazar Bahan Pangan Pokok dan Hasil Pertanian yang merupakan hasil dari Petani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Pariaman.

Kegiatan berlangsung di halaman Rumah Tabuik Subarang, Desa Cimparuah, Pariaman Tengah.

Anilta selaku Plt Kepala DPPP Kota Pariaman menjelaskan bahwa bazar tersebut bertujuan dalam rangka memenuhi daya beli masyarakat terhadap bahan pokok dan hasil pertanian.

“Kita telah mengadakan GPM dan Bazar pertanian pada akhir Februari 2024 lalu. Kemudian sebelum memasuki bulan Ramadhan ini, kita kembali melaksanakannya,” ujarnya.

Menurut Anilta, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menekan harga beras dan pangan yang diharapkan dapat mencegah inflasi.

Selain hasil pertanian dan produk olahan lainnya, Perum Bulog turut menyediakan bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, serta tepung untuk dijual kepada masyarakat.

Adapun harga bahan pokok yang dijual pada bazar tersebut yakni, beras SPHP kualitas medium per 5 kg seharga Rp 57.000 (Rp 114.000/10kg) sedangkan harga di pasaran berkisar Rp 165.000 hingga Rp 180.000/10 kg.

Minyak goreng merk Rosebrand di patok dengan harga Rp 16.000/liter, Gula Rp 17.500/kg. Tepung Terigu Rosebrand Rp 12.000/kg.

Sedangkan untuk harga cabai merah sekitar Rp 65.000/kg, Cabai Rawit Rp 60.000/kg. Khusus mentimun, terong, kacang panjang, dan keladi dengan harga Rp 5.000/kantong, sedangkan sayur kangkung dan bayar dengan harga Rp 3.000/ikat.

“Semoga GPM dan Bazar ini dapat memngendalikan harga di pasar serta dapat menstabilkan harga sesuai dengan daya beli masyarakat. Semoga dapat menekan laju inflasi di daerah kita,” pungkasnya.

Turut dihadiri oleh Kadis Perindagkop & UKM Kota Pariaman, serta di pantau langsung oleh Korem 032/Wirabraja, Kodim 0306/Pariaman.

Selain itu, turut hadir jajaran Pol PP Kota Pariaman, DPPP Kota Pariaman, Disperindagkop & UKM yang mengikuti kegiatan bazar.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait