Penggilingan Padi Berkualitas, Bantuan Pemko Payakumbuh untuk Kelompok Tani

TOPSUMBAR – Pada tanggal 9 November 2023, Pemko Payakumbuh turut memberikan bantuan berupa sarana pendukung operasional penggilingan padi kecil (PPK) dan sertifikat PSAT-PDUK (Pangan Segar Adalah Tumbuhan-Produksi Dalam Negeri Usaha Mikro) di Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang.

Bantuan ini ditujukan untuk lima kelompok tani di Kota Payakumbuh, terdiri dari satu kelompok di Kecamatan Payakumbuh Utara dan empat kelompok di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Kelima kelompok tani tersebut adalah: Kelompok Tani Sungai Linduang, Kelompok Tani Subur Indah, Kelompok Tani Padang Cubadak, Kelompok Tani Barumbuang dari Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, dan Kelompok Tani Tembok Jua dari Kelurahan Tigo Koto Dibaruah.

Bacaan Lainnya

Pj. Wali Kota Payakumbuh, yang diwakili oleh Staf Ahli Elfriza Zaharman, menyampaikan harapannya, “Dengan bantuan ini, kami berharap hasil beras yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan aman untuk dikonsumsi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petani kita.”

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh, Edvidel Arda, menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan meliputi gerobak dorong, timbangan digital 150 kg, mesin jahit karung, karung padi, karung beras, benang jahit karung, dan plastik terpal.

“Selain itu, kami juga memberikan bantuan revitalisasi berupa lima PPK yang bergabung dengan poktan, termasuk motor penggerak dan mesin pengupas dari Dinas Pangan Sumbar,” tambahnya.

Edvidel juga mengajak semua penggilingan padi di Payakumbuh untuk segera mengurus sertifikat PSAT-PDUK.

“Kami juga telah menyerahkan sertifikat PSAT-PDUK untuk penggilingan padi SS Jaya sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam memastikan keamanan pangan segar,” tutupnya.

Ketua KAN Aua Kuniang, Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Payakumbuh atas fasilitasi bantuan kepada masyarakat di Kenagarian Aua Kuniang.

“Kami berharap pertanian di sini akan terus berkembang, sekaligus mendorong generasi muda untuk terlibat dalam pengelolaan pertanian yang lebih modern,” pungkasnya.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait