Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Payakumbuh ke-XI, Bentuk Bank Sampah di Setiap Kelurahan

Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Payakumbuh ke-XI, Bentuk Bank Sampah di Setiap Kelurahan

TOPSUMBAR – Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma tingkat Kota Payakumbuh ke-XI tahun 2024 telah berlangsung pada Selasa, 5 Maret 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Pertemuan Ngalau Indah Lt III Kantor Wali Kota Payakumbuh dengan tema “Melalui Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Kita Bentuk Bank Sampah di Setiap Kelurahan untuk Mengatasi Darurat Sampah di Kota Payakumbuh”.

Pj Jasman bersama kader Dasawisma, pengurus TP-PKK kota, kecamatan, dan kelurahan, serta beberapa OPD hadir dalam acara ini.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Jasman mengapresiasi TP-PKK atas berbagai inovasi dan terobosan baru yang dilakukan, seperti pembentukan bank sampah di setiap kelurahan.

Inovasi ini merupakan bagian terpenting dalam memperkuat keluarga serta mencapai tujuan pemerintah.

Bulan Bakti Dasawisma ini di harapkan menjadi titik tolak peran aktif para ibu-ibu dalam membantu peran dan tugas pemerintah di tengah masyarakat.

Jasman juga menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu Dasawisma yang telah aktif membantu pemerintah dalam mengelola sampah di Kota Payakumbuh.

Terkait dengan darurat sampah yang di hadapi Kota Payakumbuh, Jasman meminta peran serta seluruh warga untuk membantu pengelolaannya.

“Sampah bukan hanya masalah pemerintah, tapi masalah kita bersama,” tegas Jasman.

Ia menghimbau kepada warga untuk menegur dan memviralkan orang yang membuang sampah sembarangan.

“Pemko Payakumbuh dengan pihak berwajib akan memberikan sanksi tegas. Bahkan berupa tindak pidana, bagi warga yang membuang sampah sembarangan,” ungkap Jasman.

Jasman berharap Dasawisma dapat menjadikan sampah sebagai sesuatu yang bernilai ekonomis dan membantu roda perekonomian warga.

Pada akhir acara, Jasman menandai Bulan Bakti Dasawisma ke-XI dengan pemukulan gong.

Ia juga menyerahkan penghargaan kepada kelompok Dasawisma Sawahpadang Auakuniang yang meraih juara pertama lomba pilot project kelurahan sehat, tanggap dan tangguh bencana tingkat Provinsi Sumatera Barat.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait