Pj Wali Kota Payakumbuh Ajak Seluruh Pejabat dan ASN Bersinergi Hadapi Darurat Sampah

Pj Wali Kota Payakumbuh Ajak Seluruh Pejabat dan ASN Bersinergi Hadapi Darurat Sampah

TOPSUMBAR – Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman, mengumpulkan seluruh pejabat dan ASN di ruang pertemuan Ngalau Indah, Senin 4 Maret 2024, untuk menghadiri Rapat Koordinasi.

Pj Jasman menyampaikan urgensi penanganan masalah sampah yang masih menjadi perhatian serius di Kota Payakumbuh.

Dalam rapat yang di pimpin oleh Jasman dan Sekretaris Daerah, Rida Ananda, seluruh Asisten Wali Kota Payakumbuh memberikan paparan hasil capaian kinerja OPD masing-masing.

Bacaan Lainnya

Ia mengapresiasi OPD yang telah bekerja maksimal, sambil mendorong peningkatan kinerja bagi yang masih perlu di tingkatkan.

Jasman menyampaikan bahwa Kota Payakumbuh saat ini berada dalam status darurat sampah, terutama karena kontrak pembuangan sampah ke TPA di Kota Padang akan segera berakhir.

Ia mengajak seluruh peserta Rakor untuk bersama-sama mencari solusi, termasuk upaya sementara pembuangan sampah ke TPA Regional Provinsi Sumatra Barat.

“Kita masih menemukan sampah yang berserakan, dan kita berjuang agar dapat membuang sampah sementara ke TPA Regional Provinsi Sumatra Barat. Kita berharap dapat mengelola lokasi TPA sendiri. Dalam penanganan sampah ini, DLH di himbau untuk berkoordinasi dengan instansi terkait,” ungkap Jasman.

Ia juga menyoroti masalah warga dari luar kota yang membuang sampah di Payakumbuh, bahkan pada malam hari dengan menggunakan truk dalam jumlah besar.

Pemko Payakumbuh akan segera mengambil tindakan untuk menangani permasalahan ini.

Sementara itu, Pj Jasman berharap agar Depo Sampah di Padang Kaduduak dapat segera dipindahkan ke daerah samping TPA Kota Payakumbuh.

Ia juga mengajak semua peserta Rakor untuk melakukan sosialisasi di lingkungan tempat tinggal masing-masing, mengajak masyarakat untuk mengolah sampah rumah tangga sebelum dibuang.

“Masalah sampah bukan hanya tanggung jawab Pemko Payakumbuh, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga. Kota Payakumbuh harus bersinergi agar penanganan sampah berjalan lancar, dan kita dapat memiliki TPA sendiri segera,” ajak Jasman.

Pj Jasman juga mengajak dinas terkait untuk melakukan kampanye menanam, memaksimalkan perkarangan rumah untuk menanam tanaman pokok seperti cabe dan bawang merah.

Warga di imbau untuk mengajukan permohonan bibit tanaman ini ke dinas pertanian sebagai upaya kontribusi dalam mengatasi masalah inflasi.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait