Pemko Payakumbuh Gelar Gotong Royong dan Penanaman Pohon Peringati HPSN

Pemko Payakumbuh Gelar Gotong Royong dan Penanaman Pohon Peringati HPSN

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan Gotong Royong dan Penanaman Pohon di kawasan Batang Agam pada hari Selasa, 5 Maret 2024.

Kegiatan ini berlangsung dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari lalu.

Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman, mengatakan bahwa HPSN merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak terhadap masalah sampah.

Bacaan Lainnya

“Pengelolaan sampah yang baik membutuhkan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, bukan hanya tanggung jawab pemerintah,” kata Jasman.

Turut menghadiri Direktur IPDN Tun Huseno, unsur Forkopimda Kota Payakumbuh, Sekda Payakumbuh Rida Ananda.

Turut hadir Asisten, Kepala OPD, lurah, BUMN, BUMD, Duta Zerowaste, dan Komunitas Pengelola Sampah dan Pemerhati Lingkungan.

Gotong royong dan penanaman pohon ini juga merupakan bagian dari perayaan Dies Natalis ke-68 IPDN Kampus Sumbar.

Jasman menghimbau seluruh masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah di rumah menjadi tiga jenis, sampah organik, sampah anorganik yang bernilai, dan sampah residu.

“Sampah organik dapat diolah menjadi kompos, sampah anorganik yang bernilai dapat disalurkan ke bank sampah atau lapak barang bekas. Dan sampah residu di buang pada waktu yang telah ditentukan,” jelas Jasman.

Ia juga meminta masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan jika ada tetangga yang membuang sampah di sembarang tempat.

Berdasarkan hasil kajian, komposisi sampah Kota Payakumbuh di dominasi oleh sampah sisa makanan (48%), sampah halaman (8,87%), sampah kertas (15%), dan sampah plastik (17%).

“Jika keempat jenis sampah ini dapat di pilah dan di olah dari sumber, maka minimal 50% sampah Kota Payakumbuh sudah teratasi,” kata Jasman.

Pemerintah Kota Payakumbuh akan terus berupaya menyediakan sarana pengolahan sampah akhir yang aman bagi lingkungan.

Sementara itu, Direktur IPDN Kampus Sumbar Tun Huseno mengatakan bahwa pihaknya bangga terlibat dalam upaya menciptakan lingkungan yang baik di Kota Payakumbuh.

“Lingkungan yang baik akan berdampak positif terhadap masa depan,” ujar Tun Huseno.

Kirab Nusantara juga akan memeriahkan Dies Natalis IPDN Kampus Sumbar ke-68 pada pukul 16.00 WIB di depan POS Kota Payakumbuh.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait