Peduli Lingkungan, Kandidat Sekolah Adiwiyata Kota Solok Tahun 2023

TOPSUMBAR – Dalam upaya memperkuat partisipasi sekolah dalam Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), Pemerintah Kota Solok akan memberikan penghargaan “Sekolah Adiwiyata” kepada sekolah-sekolah yang berhasil menerapkan gerakan PBLHS dengan lengkapnya administrasi yang dibutuhkan.

Penilaian dan verifikasi lapangan terhadap calon sekolah Adiwiyata Kota Solok tahun 2023 akan dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dari tanggal 7 hingga 14 November 2023.

Untuk mempersiapkan Penilaian Adiwiyata Tingkat Kota tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok mengadakan pertemuan bersama tim penilai yang terdiri dari 14 anggota dari berbagai organisasi terkait seperti WMI, Dinas Pendidikan, dan Dinas Lingkungan Hidup. Pertemuan ini berlangsung di ruangan Khaidir Nuh, DLH Kota Solok pada Senin 6 November 2023.

Bacaan Lainnya

Kepala DLH, Edrizal, memimpin pertemuan ini dengan didampingi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Penegakan Hukum Lingkungan, Agus Susanto.

Agus menjelaskan hasil rapat yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober di Dinas Pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 34 sekolah yang belum pernah memperoleh predikat Adiwiyata.

Setelah melalui proses pembinaan dan seleksi administrasi, hanya 6 sekolah yang memenuhi syarat untuk dinilai sebagai Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kota. Keenam sekolah tersebut adalah SDN 16 Tanah Garam, SDN 09 Tanah Garam, SDN 18 Simpang Rumbio, SDN 03 Simpang Rumbio, SD Alam IT Golden School, dan SMPN 3 Kota Solok.

Standar penilaian untuk pelaksanaan Gerakan PBLHS mencakup aspek pembelajaran dalam mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan yang mengintegrasikan Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) di sekolah.

PRLH diimplementasikan dalam berbagai kegiatan seperti menjaga kebersihan, mengelola sampah, menanam dan merawat pohon/tanaman, konservasi air, konservasi energi, dan berbagai inovasi terkait PRLH.

Calon Sekolah Adiwiyata diwajibkan menyiapkan persyaratan administratif, termasuk surat permohonan kepada Calon Sekolah Adiwiyata Kota, pengisian kuesioner evaluasi mandiri pelaksanaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS), serta bukti pendukung lainnya.

Dokumen tambahan yang perlu disiapkan meliputi salinan keputusan kepala sekolah mengenai pembentukan tim Adiwiyata sekolah dan tabel Rencana PBLHS.

Proses seleksi administrasi berkas akan berlangsung hingga tanggal 6 November 2023, sementara verifikasi lapangan akan dilakukan oleh tim dari tanggal 7 hingga 14 November 2023.

(Gra)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait