SDN 09 Pasar Pandan Air Mati Kota Solok Tuan Rumah Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi

SDN 09 Pasar Pandan Air Mati Kota Solok Tuan Rumah Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi

TOPSUMBAR – SDN 09 Pasar Pandan Air Mati Kota Solok menjadi tuan rumah untuk kegiatan pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP).

Tim Pembina Gerakan PBLHS datang bersama dengan Tim Penilai Sekolah Adiwiyata Kota Solok Tahun 2024.

Dipimpin oleh Kabid Perlindungan dan Penegakan Hukum Lingkungan, serta Pejabat Fungsional Penyuluh Lingkungan bersama dengan stafnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Sekolah Lucila Sri Eliati, S.Pd, dan tim adiwiyata sekolah menyambut baik kedatangan tim pembina pada Kamis, 1 Februari 2024.

Analisis mengenai dokumen dan prosedur pengisian kuisioner diberikan oleh Analis Konservasi Air, Ovi Oktaviani, ST, M.IL.

Ovi menjelaskan, “Penggunaan format tetap sama seperti pada pengajuan menjadi Calon Sekolah Adiwiyata Kota,” ujarnya.

“Perbedaannya terletak pada bobot penilaian. Dimana Calon Sekolah Adiwiyata Kota memiliki bobot 70 sedangkan untuk tingkat provinsi memiliki bobot 80,” tambahnya.

Nelli, Pj Fungsional Penyuluh Lingkungan juga menyampaikan harapannya untuk mengembangkan program dan inovasi yang bertujuan untuk mempengaruhi perubahan perilaku berbudaya di kalangan seluruh warga sekolah.

“Dalam komponen pemantauan evaluasi, diharapkan adanya pemantauan terhadap gerakan PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah). Ini telah direncanakan baik dalam jangka waktu 4 tahunan maupun 1 tahunan, dengan melibatkan peserta didik selain dari komite, dewan pendidik, dan masyarakat,” tambahnya.

Penambahan kegiatan dalam pelaksanaan gerakan tersebut harus tetap mengacu pada aspek Perilaku Ramah Lingkungan Hidup dan melibatkan Tim Adiwiyata.

“Semua dokumen diharapkan sudah dikirimkan kepada sekretariat Adiwiyata kota, DLH Kota Solok. Paling lambat pada tanggal 9 Februari 2024,” pungkas Agus.

Pihak sekolah menyatakan kesiapannya untuk diajukan sebagai calon penerima penghargaan sekolah adiwiyata provinsi.

Harapannya, Tim Pembina Adiwiyata Kota dapat memberikan pembinaan lebih lanjut.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait