SDN 03 Kampung Jawa Gelar Simulasi Bersama BPBD Kota Solok untuk Terapkan Sekolah Aman Bencana

SDN 03 Kampung Jawa Gelar Simulasi Bersama BPBD Kota Solok untuk Terapkan Sekolah Aman Bencana

TOPSUMBAR – SDN 03 Kampung Jawa, bersama BPBD Kota Solok, melaksanakan sosialisasi dan simulasi Sekolah Aman Bencana sebagai langkah sekolah dalam menghadapi bencana.

Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 2 Maret 2023 dan di buka secara resmi oleh perwakilan BPBD Kota Solok, Danru 3, Hari Siswan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bhabinkamtibmas Kampung Jawa beserta beberapa tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Danru 3 menyampaikan bahwa penerapan Sekolah Aman Bencana merupakan sarana bagi guru dan siswa untuk belajar tentang lingkungan sekitar.

Hal ini juga di harapkan dapat menjadi agen informasi kewaspadaan bencana bagi keluarga dan warga di sekitar sekolah.

Hari Siswan menekankan pentingnya menjalankan program ini secara berkelanjutan, baik melalui inisiatif sekolah maupun pendampingan lembaga lain.

Dengan melibatkan siswa dan guru, kegiatan ini di harapkan mampu meningkatkan literasi bencana dan menciptakan budaya sadar bencana di lingkungan pendidikan.

Kepala Sekolah SDN 03 Kampung Jawa, Aspit, S.Pd, menegaskan bahwa keamanan satuan pendidikan harus menjadi prioritas.

Koordinasi dengan instansi terkait diperlukan untuk memastikan keamanan dari aspek lokasi, struktur bangunan, desain, penataan kelas, dan dukungan sarana dan prasarana.

Melalui penerapan Sekolah Aman Bencana, Aspit berharap dapat menerapkan standar sarana dan prasarana serta budaya mampu melindungi warga sekolah dan lingkungan dari bahaya bencana.

SDN 03 Kampung Jawa juga menjalin kerjasama dengan BPBD Kota Solok melalui penandatanganan MoU.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga sekolah dalam menghadapi bencana.

Bhabinkamtibmas di Kampung Jawa, Ardi, juga turut memberikan materi kesiapsiagaan Polisi dalam menghadapi bencana usai acara pembukaan.

Semua pihak berharap bahwa melalui Sekolah Aman Bencana, budaya siaga dan pengurangan risiko bencana dapat menjadi bagian integral dari kehidupan sekolah dan lingkungannya.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait