Genius Umar “Harmoni Satlinmas, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas untuk Kota Pariaman yang Aman”

TOPSUMBAR – Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menekankan pentingnya penguatan dan sinergi antara Satlinmas/Dubalang, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas di Desa/Lurah Kota Pariaman.

Pernyataan ini disampaikan saat memimpin Apel Gabungan Satlinmas/Dubalang, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa se Kota Pariaman Tahun 2023, di halaman Balaikota Pariaman, Jumat 6 Oktober 2023.

Menurut Genius Umar, dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Satinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat)/Dubalang diakui sebagai bagian dari aparatur Pemerintah Daerah yang membantu Kepala Daerah dalam menciptakan kondisi daerah yang aman dan tertib, sebagai prasyarat bagi kelancaran pemerintahan dan aktivitas masyarakat.

Bacaan Lainnya

Genius menjelaskan bahwa Perlindungan Masyarakat, sebagaimana diamanatkan oleh Permendagri Nomor 84 Tahun 2014, melibatkan keterlibatan aktif warga dalam penanganan bencana dan menjaga ketertiban, keamanan, serta mendukung pertahanan negara.

“Dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban, Satlinmas/Dubalang perlu terus berkoordinasi dengan pemerintahan Desa/Kelurahan. Koordinasi ini harus dijalankan dengan tiga pilar utama di Desa/Kelurahan, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Dubalang,” ujarnya.

Genius juga menekankan pentingnya kelanjutan program dan kegiatan yang telah terbukti bermanfaat bagi masyarakat selama masa jabatannya sebagai Wali Kota (2018-2023).

Mengingat tahun depan akan ada serangkaian pesta demokrasi, termasuk Pileg, Pilpres, dan Pilkada, penting untuk mempertahankan tingkat keamanan, kenyamanan, dan ketertiban yang telah terjaga dengan baik.

Ia berharap agar kolaborasi antara Satlinmas/Dubalang dari Pemko Pariaman, Babinsa dari TNI (Kodim 0308 Pariaman), dan Bhabinkamtibmas dari Kepolisian (Polres Pariaman) semakin kokoh.

Selain itu, Genius meminta agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas memberikan pemahaman kepada Satlinmas/Dubalang dengan memanfaatkan kearifan lokal dalam menjalankan tugas, fungsi, dan tanggung jawab mereka di tengah masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di Desa/Kelurahan Kota Pariaman.

Turut hadir dalam Apel Gabungan Satlinmas/Dubalang, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa se Kota Pariaman Tahun 2023 ini Wakil Walikota Mardison Mahyuddin, Sekda Yota Balad, Kapolres yang diwakili, Dandim 0308 Pariaman yang diwakili, Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Alfian beserta jajaran.

(Zaituni)

Pos terkait