Operasi Multi Sasaran Singgalang 2023: Langkah Proaktif Polres Dharmasraya untuk Keamanan Masyarakat

TOPSUMBAR – Dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang kondusif, anggota Gabungan Polres Dharmasraya, bersama dengan stafnya, telah melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan sebagai bagian dari pelaksanaan Operasi Multi Sasaran Singgalang 2023. Kegiatan ini berlangsung di Jalan Lintas Sumatera Simpang Polres Jorong Ganting Kenagrian, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya pada Selasa, 26 September 2023, pukul 09.30 WIB.

Operasi ini dipimpin oleh Kabag Ops, Kompol Eliswantri, S.H, M.H, yang didampingi oleh Kasi Humas, AKP Edi Sumantrti, Kasat Sabhara Iptu Sainol Saprianto, S.H, Kasat Lantas Iptu Andi Muhammad Nurfadli, S.Tr.K., S.I.K., M.Sc, Kasat Tahti Ipda Suyetno, serta anggota gabungan. Sasaran utama dari operasi ini adalah kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, baik kelas R4 maupun R2. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan terhadap barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, narkoba, miras, dan barang lain yang dapat meresahkan masyarakat.

Selama kegiatan berlangsung, petugas Polres memberikan himbauan kepada warga untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas. Hasil dari operasi ini adalah penahanan tiga unit kendaraan roda dua dan satu unit kendaraan roda enam yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat. Tidak ditemukan adanya barang berbahaya atau tindakan mencurigakan. Kendaraan-kendaraan tersebut saat ini berada di Mako Polres Dharmasraya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bacaan Lainnya

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, melalui Kabag Ops, menjelaskan bahwa Operasi Multi Sasaran Singgalang 2023 ini bertujuan untuk mengendalikan kendaraan yang tidak memiliki surat-surat yang lengkap dan barang-barang berbahaya yang dibawa oleh pengendara. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Ini merupakan bentuk perlindungan dan pengayoman dari Polri serta upaya untuk membatasi gerak pelaku kejahatan.

Selain pemeriksaan surat-surat kendaraan, operasi ini juga bertujuan untuk mengawasi pelaku kejahatan seperti curat, curas, curanmor (3C), peredaran miras, narkoba, dan balap liar, serta kejahatan lain yang mungkin terjadi di wilayah hukum Polres Dharmasraya. Melalui Operasi Multi Sasaran Singgalang 2023 ini, diharapkan Polres Dharmasraya dan jajarannya dapat menekan tingkat kejahatan sehingga menciptakan situasi Kamtibmas yang lebih kondusif.

(YAN)

Pos terkait