Lomba Pangan Lokal Digelar di Kebun Buah Kota Sawahlunto

Lomba Pangan Lokal Digelar di Kebun Buah Kota Sawahlunto
Lomba Pangan Lokal Digelar di Kebun Buah Kota Sawahlunto

TOPSUMBAR – Sebanyak 12 Desa yang ada di kota Sawahlunto, ambil bagian dalam berkompetisi lomba Pengolahan Pangan Lokal Berbasis, Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Kebun Buah Kandih, pada Rabu 23 Agustus 2023.

Deri Asta Wako Sawahlunto sangat mendukung kegiatan lomba ini yang dinilai dapat meningkatkan inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam mengolah bahan-bahan pangan bernilai komersil.

“Kita mempunyai beragam potensi bahan pangan, tentu sangat bagus jika itu dieksplorasi, sehingga menghasilkan menu-menu yang bervariasi. Pemko siap mendukung terciptanya makanan yang sehat bergizi seimbang,”ungkap Deri Asta.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto Heni Purwaningsih, mengatakan bahwa Pengolahan Pangan Lokal Berbasis (B2SA) Tingkat Kota Sawahlunto tersebut di ikuti oleh 12 Desa/Kelurahan dari 37 Desa/Kelurahan yang ada dikota ini.

“Tiga Dewan juri terdiri dari: Arisman dari Asia Royal Collage Padang, Devi Irmayeni dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat dan Enggriyani dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat,” ucap Heni Purwaningsih.

Indikator penilaian berupa tampilan makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup, yang berbahan lokal, daun kelor dan petai cina (lamtoro).
Hasil penilaian Dewan juri, Juara Pertama TP PKK Desa Talawi Hilie, Juara Kedua TP PKK Desa Datar Mansiang, dan Juara Ketiga TP PKK Kelurahan Tanah Lapang.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan hadiah bagi pemenang penilaian penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Kota Sawahlunto Tahun 2023.

Kategori Pembina,diperoleh Hendra, Kepala Desa Lunto Barat, Kategori Pelayan, Wulan Sari, Penyuluh Pertanian, Wilayah Binaan Desa Kubang Tangah dan Kategori Pelaku, yakni Kelompok Tani Tunas Muda, Desa Muaro Kalaban, Kec.Silungkang. (ROL)

Pos terkait