Gubernur Mahyeldi Pimpin Rapat Persiapan WIES, Persiapan dan Pastikan Dampak Positifnya untuk Industri Halal Lokal

Gubernur Mahyeldi Pimpin Rapat Persiapan WIES, Persiapan dan Pastikan Dampak Positifnya untuk Industri Halal Lokal
Gubernur Mahyeldi Pimpin Rapat Persiapan WIES, Persiapan dan Pastikan Dampak Positifnya untuk Industri Halal Lokal

TOPSUMBAR – Gubernur Mahyeldi Ansharullah gelar rapat bersama dengan panitia pelaksana World Islamic Entrepreneurs Summit (WIES). Selain untuk mematangkan segala persiapan, rapat tersebut juga bertujuan untuk memastikan WIES bisa menjadi akselerator pengembangan industri halal lokal.

“Kami rapat malam ini, pertama untuk tinjau persiapan panitia daerah. Kemudian juga untuk memastikan penyelenggaraan WIES ini bisa berdampak positif untuk industri halal di Sumbar,” terang Mahyeldi di sela kegiatan rapat bersama di Istana Gubernur, Jumat malam 11 Agustus 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Mahyeldi menegaskan pihaknya sangat mendukung penyelenggaraan WIES di Sumbar. Namun ia mengingatkan, jangan sampai kegiatan yang berskala internasional itu minim dampak positif untuk daerah. Menurutnya, itu mesti di siasati panitia.

Bacaan Lainnya

Oleh sebab itu, ia minta dalam merancang kegiatan, panitia wajib mengakomodir kebutuhan daerah. Menurutnya, melalui WIES kesempatan menuju arah demikian sangat terbuka.

“Tekad UMKM lokal untuk menjadi pusat industri halal Indonesia, harus kita dukung. Salah satunya melalui membantu perluasan jaringan dan pasar mereka, melalui WIES peluang itu terbuka,” tegas Mahyeldi.

Sementara itu dalam kegiatan yang sama, Ketua pelaksana WIES 2023, Sari Lenggogeni mengatakan salah satu manfaat diselenggarakannya WIES di daerah ini adalah Sumbar akan tercatat sebagai daerah inisiator lahirnya Forum Pusat Pengusaha Islam Dunia. Menurutnya itu akan mempertegas posisi Sumbar dalam pasar halal dunia.

“WIES adalah event perdana dari para pelaku usaha muslim dunia yang di prediksi akan banyak melahirkan terobosan besar, Sumbar harus mendapat manfaat dari sini,” harap Sari Lenggogeni.

Ketua panitia yang juga merupakan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar ini juga melaporkan, hingga saat ini telah banyak pihak yang menkonfirmasi kehadiran, jumlahnya lebih kurang 10 negara, di antaranya dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam ,dan Kuwait kemudian juga ada dari Spanyol, Filipina , serta Singapura dan Chili serta Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

“Berdasarkan konfirmasi yang kami terima, rata-rata tamu yang akan hadir dari berbagai negara tersebut adalah para CEO perusahaan-perusahan berskala internasional, itu peluang bagi pelaku bisnis industri halal lokal untuk mengembangkan jaringannya,” ujar Ketua Pelaksana WIES 2023.

Diketahui, even WIES nantinya akan mengusung tema

“Membangun Kerangka Ekonomi Inklusif di Dunia yang Terpolarisasi” dan akan di langsungkan pada 6-9 September 2023 mendatang di 2 lokasi di Sumbar. Yakni masjid raya Sumbar dan pangeran beach hotel dan direncanakan akan dibuka secara daring oleh Presiden RI, Joko Widodo”. (adpsb)

Pos terkait