Pemprov Sumbar Maksimalkan Even Nasional sebagai Sarana Promosi UMKM Lokal

Pemprov Sumbar Maksimalkan Even Nasional sebagai Sarana Promosi UMKM Lokal

TOPSUMBAR – Pemprov Sumbar telah memanfaatkan kesempatan penyelenggaraan Peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62 tingkat nasional di Sumbar sebagai platform mempromosikan produk UMKM lokal.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menegaskan bahwa salah satu fokus utama kepemimpinannya adalah mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM lokal.

Pemprov Sumbar secara berkala memberikan pembinaan kepada UMKM lokal dan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan pemda, baik skala lokal maupun nasional.

Bacaan Lainnya

“Kami secara sengaja melibatkan UMKM lokal dalam setiap kegiatan daerah yang melibatkan banyak orang. Agar produk-produk mereka semakin terkenal dan mereka juga mendapat manfaat ekonomi yang lebih besar,” tegas Mahyeldi di Padang, Sabtu 2 Februari 2024.

Selama acara peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62 tingkat nasional di Sumbar, Pemprov telah memberikan fasilitas bagi UMKM lokal.

Fasilitas tersebut berupa stand di lokasi-lokasi strategis yang menjadi pusat perhatian para tamu undangan, yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

“Kami telah menyediakan lokasi strategis bagi UMKM lokal. Ini bertujuan agar mereka dapat memasarkan dan mempromosikan produk mereka kepada para tamu yang hadir. Setiap titik kami sediakan minimal dua hingga belasan stand UMKM lokal, tergantung dari aktivitas yang terjadi di lokasi tersebut,” jelas Mahyeldi.

Produk yang di pasarkan oleh UMKM lokal mencakup berbagai jenis, mulai dari fashion, kriya, hingga kuliner, dan semuanya berada di bawah binaan Dinas Koperasi UMKM Sumbar.

Salah satu pelaku UMKM lokal, Febrianti (33), yang memasarkan produk dengan merek dagang ES Tebu Sumatera.

Ia merasa sangat berterima kasih atas perhatian Gubernur Sumbar terhadap UMKM lokal. Ia berharap agar kegiatan serupa dapat berlangsung secara rutin di Sumbar.

“Alhamdulillah, Gubernur kita sangat memperhatikan UMKM. Kami diberi kesempatan untuk membuka stand di lokasi acara, terima kasih kepada Pak Mahyeldi,” ucapnya penuh semangat.

Febrianti juga mengungkapkan bahwa pendapatannya meningkat secara signifikan selama even tersebut.

“Dari segi pendapatan, ada peningkatan sekitar 200 persen dari hari biasa. Jika acara seperti ini dapat diadakan setiap bulan, kami bisa segera melaksanakan ibadah haji,” tambahnya.

Harapannya, penyelenggaraan even nasional di Sumbar juga dapat dirasakan oleh semua pelaku UMKM dan masyarakat Sumbar secara keseluruhan.

(adpsb/busan)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait