Gubernur Sumbar, Penambahan Jalur Kereta Api dan Layanan Penerbangan Sangat Penting

Gubernur Sumbar, Penambahan Jalur Kereta Api dan Layanan Penerbangan Sangat Penting

TOPSUMBAR – Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengungkapkan bahwa penambahan reaktivasi jalur kereta api dan pengembangan layanan transportasi udara memiliki peran penting dalam kemajuan daerah.

Pernyataan ini di sampaikan Gubernur Mahyeldi saat menghadiri pertemuan Pemetaan Isu Strategis Pengembangan dan Kebijakan Subsektor Transportasi Udara dan Perkeretaapian di Sumbar.

Pertemuan ini digelar oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI di Hotel Santika, Padang, pada Selasa 5 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi menekankan bahwa Sumbar serius dalam mengembangkan sektor pariwisata, yang sangat tergantung pada kelancaran sarana prasarana transportasi.

Dalam sambutannya, Gubernur berharap pemetaan isu strategis dapat menghasilkan kebijakan dan solusi konkrit untuk meningkatkan konektivitas antar kabupaten/kota di Sumbar.

“Sekarang ada kendala jalur dari Pariaman ke Padang Panjang yang tampak cukup berat. Namun, solusi jenis kereta apinya tentu ada. Begitu pun jalur dari Padang Panjang ke Bukittinggi, terus ke Limapuluh Kota. Itu jalurnya ada. Begitu juga jalur dari Sumbar menuju Riau dan Sumut, serta jalur dalam Kota Padang agar kereta api bisa menjadi angkutan massal perkotaan. Terkait pembebasan lahan, Pemprov Sumbar siap menindaklanjutinya,” ucap Gubernur.

Dalam hal pengembangan transportasi udara, Gubernur menyatakan bahwa Sumbar memiliki Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Bandar Udara Mentawai (BUM).

Gubernur menilai penambahan layanan penerbangan, terutama dengan pesawat kecil seperti ATR, sangat penting untuk melayani rute BIM ke BUM dan ke bandara di provinsi tetangga.

“Fokus pengembangan subsektor transportasi sangat penting untuk mendukung pengembangan ekonomi Sumbar secara masif. Terlebih, Sumbar tengah fokus pada pengembangan sektor pariwisata. Melalui pengembangan sektor ini, Sumbar di harapkan mampu beralih menjadi provinsi dengan fiskal tinggi,” tambah Gubernur.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Mahyeldi menegaskan kesiapan Pemprov Sumbar untuk mendukung solusi konkrit dalam pengembangan sektor transportasi.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah pejabat pemerintah dan pemangku kepentingan terkait transportasi di Sumbar.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait