Pusat Ekonomi Syariah, Gubernur Mahyeldi dan Langkah-Langkah Sumbar di Jakarta Halal Festival

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menjadi pembicara pada hari pertama pembukaan Jakarta Halal Festival, Jumat 22 Desember 2023.

Dalam pidatonya, Gubernur Mahyeldi menegaskan komitmen Sumbar untuk menjadi pusat industri halal di Indonesia, sebagai upaya mendukung visi Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

“Industri halal dan keuangan syariah bukan hanya sebuah sektor di Sumatera Barat, melainkan sudah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari warganya. Falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) tidak hanya menjadi pegangan, tetapi juga landasan dalam menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai Islam,” ucap Gubernur Mahyeldi di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi menyoroti pentingnya prinsip ABS-SBK yang semakin diperkuat oleh regulasi, khususnya Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pemprov Sumbar.

UU ini menegaskan ABS-SBK sebagai kearifan lokal dan karakteristik masyarakat Sumbar, memberikan fondasi yang kokoh dalam kehidupan sehari-hari.

“Presiden Joko Widodo secara konsisten menyampaikan potensi Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah di dunia, dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga mengarahkan harapan itu pada Sumbar. Oleh karena itu, kami mengambil langkah-langkah strategis, seperti Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pariwisata Halal,” lanjutnya.

Gubernur Mahyeldi juga mencatat bahwa Sumbar menjadi daerah pertama yang membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), turunan dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Tim khusus juga telah dibentuk untuk mempercepat pencapaian visi Sumbar sebagai pusat industri halal.

“Sumbar memiliki potensi besar, baik dari segi adat dan budaya, kuliner, pariwisata, maupun potensi lainnya, yang dikelola oleh mayoritas penduduk Muslim Sumbar. Kami terus mempersiapkan konsep yang matang dengan dukungan Islamic Development Bank (IsDB) untuk mewujudkan Sumbar sebagai pusat industri halal di Indonesia,” tegas Gubernur Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi menekankan bahwa Sumbar memiliki semua syarat untuk menjadi pusat industri halal di Indonesia. Sebagai langkah strategis, Sumbar terus mematangkan konsepnya dan berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut.

Terkait pelaksanaan Jakarta Halal Festival, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan dukungan penuh.

“Kemenparekraf sangat mendukung Jakarta Halal Festival yang diselenggarakan pada 22-25 Desember 2023 di JCC,” ucap Menteri Sandi. Ia berharap acara tersebut menjadi momentum penting untuk mengoptimalkan potensi industri halal dan meningkatkan kolaborasi demi mengangkat ekonomi negara.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait