Mendorong Pertumbuhan UMKM Halal, Komitmen Gubernur Sumbar untuk Industri Berkembang

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mendorong agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) aktif terlibat dalam industri ekonomi halal yang semakin berkembang di seluruh dunia.

Ia berharap UMKM dapat menjadi pilar pertumbuhan industri halal dan tumbuh menjadi usaha berskala besar.

Pernyataan ini disampaikan pada acara Lokakarya Sertifikat Halal Self-Declare dan Seremonial Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk UMKM yang didukung oleh Bank Central Asia (BCA) di Kota Padang pada tanggal 12 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi fokus pada pemberdayaan UMKM Sumbar melalui pelatihan, dengan harapan agar UMKM dapat mandiri dalam mendaftarkan sertifikasi halal Self-Declare untuk produk-produk mereka.

Dalam konteks ini, Mahyeldi menegaskan bahwa konsep halal bukan hanya sebatas kata, melainkan sebuah gaya hidup yang menghubungkan agama, keberagaman, dan inovasi.

Pemerintah Provinsi Sumbar memiliki komitmen kuat menjadikan daerah tersebut sebagai pusat industri halal di Indonesia, didukung oleh potensi lokal dan dukungan penuh dari pemerintah pusat.

Mahyeldi mengapresiasi Bank Central Asia (BCA) dan Kementerian Koperasi dan UKM atas dukungan mereka dalam pengembangan UMKM dan ekonomi halal.

Gubernur mencatat bahwa dari sekitar 600 ribu UMKM di Sumbar, hanya sekitar 22 ribu yang telah memiliki sertifikat halal, sementara 3 ribu lainnya masih dalam proses mendapatkan sertifikat.

Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan jumlah UMKM berlabel halal di Sumbar.

Mahyeldi juga menyoroti konsep “halal lifestyle,” yang tidak hanya mencakup gaya hidup baru, tetapi juga melibatkan pola hidup sehat sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, mulai dari berpakaian, penggunaan kosmetik, hingga barang kebutuhan sehari-hari.

Poin-poin tersebut diungkapkan oleh Gubernur Sumbar untuk memperkuat pesan bahwa hidup sehat bukan hanya tentang gaya, tetapi juga harus sesuai dengan ajaran Islam.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait