Suir Syam Gandeng BBPOM Padang Gelar Acara Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi

Topsumbar – Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam gandeng BBPOM Padang gelar acara pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi dan edukasi di Aula Hotel Umega, Minggu (11/06/2023).

Saat penyampaian kata sambutan Suir Syam menjelaskan kepada para tamu undangan yang hadir supaya bisa menjadi konsumen yang bijak dalam membeli produk terutama obat-obatan, makanan, dan kosmetik yang sengaja beredar tanpa mengantongi surat izin edar dari Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM).

“Hari ini kita sengaja menggandeng BBPOM Padang untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahayanya obat-obatan, makanan dan kosmetik yang belum mengantongi izin edar dari BPOM,” ucap anggota komisi IX DPR RI itu.

Bacaan Lainnya

Dalam kata sambutannya lagi Suir Syam juga berpesan agar masyarakat berhati-hati dalam membeli produk. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk tidak segan mendatangi pelayanan kesehatan untuk mencari informasi terkait produk yang akan mereka beli khususnya obat-obatan.

“Dharmasraya saat ini sudah banyak memiliki fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh nagari, jadi diharapkan masyarakat tidak perlu segan, datang untuk konsultasi langsung dengan petugas kesehatan guna memastikan produk yang akan di beli aman atau tidak,” jelas Suir Syam.

Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim, diacara yang sama dalam kata sambutannya mengatakan saat ini masyarakat bisa langsung mencari tahu informasi izin edar suatu produk melalui aplikasi BPOM Mobile guna memastikan suatu produknya aman.

Kepala BBPOM Abdul Rahim juga mengajak masyarakat sebelum membayar produk yang ingin dibeli untuk terlebih dahulu cek kemasan produk (beli lah produk yang kemasannya masih dalam kondisi yang baik), Cek label produk (label produk biasanya berupa keterangan produk selain itu juga ada pesan tertulis peringatan),
Cek izin Edar (izin edar adalah nomor yang diberikan kepada produk obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan terkemas dalam rangka peredaran yang di keluarkan oleh pemerintah) selanjutnya pastikan untuk cek kadaluarsa produk tersebut.

Selain Suir Syam dan Kepala BBPOM Padang Abdul Rahim beserta rombongannya turut hadir dalam acara tersebut Camat Sitiung yang diwakili oleh Sekcam, Wali Nagari Gunung Medan, Perwakilan Loka BPOM Dharmasraya, Bhabinkamtibmas Gunung Medan serta para tamu undangan kurang lebih 500 orang.

(Yan)

Pos terkait