Bupati Dharmasraya Langsung Tinjau Kondisi Masjid Agung Pasca Digenangi Air

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan meninjau kondisi Masjid Agung Dharmasraya pasca digenangi air, Senin (08/05/2023)

Dharmasraya | Topsumbar – Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan langsung melakukan peninjauan dan mengecek kondisi Masjid Agung Dharmasraya pasca digenangi air yang diduga merupakan rembesan dari atas loteng masjid akibat curah hujan yang mengguyur deras dan berlangsung lama pada Sabtu (06/05/2023) lalu.

Senin (08/05/2023) Bupati Sutan Riska nampak didampingi Kepala Dinas PUPR Junaidi Yunus melihat langsung titik-titik kebocoran atap dan air yang merembes deras dari tiang-tiang masjid.

Dalam pengecekan tersebut, nampak bupati menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan perbaikan dan evaluasi mengenai adanya genangan air di lantai masjid.

Bacaan Lainnya

Dimana sebelumnya akibat intensitas hujan yang cukup deras mengguyur Kabupaten Dharmasraya, membuat lantai Masjid Agung Dharmasraya digenangi air di mana-mana. Hal tersebut viral di akun media sosial pribadi sejumlah warga, Sabtu (06/05/2023).

Dalam postingan yang viral tersebut, terlihat kegiatan beberapa petugas masjid tengah sibuk menyapu air dan menarik karpet masjid supaya tidak terkena air hujan yang masuk dan merembes dari atap masjid.

Masjid Agung Dharmasraya yang belum lama ini diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimujiono, Jum’at (06/01/2023) lalu, perdana pasca diresmikan tersebut menampung ribuan jamaah melaksanakan Sholat Hari Raya Idhul Fitri 1444H.

Selain itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kusworo Darpito, bersama Kasubdit Wilayah 1 Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kusrianti, juga melakukan peninjau langsung pembangunan Masjid Agung Dharmasraya.

Pada kesempatan itu, Kusworo Darpito juga sempat memuji bangunan Masjid Agung Dharmasraya, yang menurutnya bagus, desainnya unik dan filosofis.

“Letaknya juga strategis, dan akan sangat ikonik, karena tepat di lintas Sumatera,” ungkapnya.

(Yanti)

Pos terkait