Karnaval Kemerdekaan di Koto Agung Berlangsung Meriah, Sutan Riska Puji Kreativitas Warga

Dharmasraya | Topsumbar – Pawai dan Karnaval yang di laksanakan Karang Taruna Blok B Koto Agung, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Minggu 21 Agustus 2022 berjalan meriah.

Ribuan orang dari beragam kalangan turut berpartisipasi dengan menampilkan sejumlah kreasi mengenai bulan kemerdekaan serta kreatifitas lain yang melambangkan persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Adapun kreatifitas yang ditampilkan diantaranya, replika peralatan tempur yang menggambarkan perjuangan merebut dan menjaga kemerdekaan, yaitu pesawat tempur, tank dan meriam, lengkap dengan bala tentaranya yang memanggul senjata.

Bacaan Lainnya

Sementara tak hanya tampilan atraksi drama teatrikal, serta kostum budaya daerah, peserta dengan busana unik juga menjadi segi lain dari pawai ini. Beberapa peserta tampil dengan bahan daur ulang, seperti kertas koran, plastik dan daun pisang kering.

Di barisan lain, para petani juga tak lupa memerkan hasil penennya sebagai sinyal syukur mendapatkan nikmat kemerdekaan.

Pawai dan karnaval di mulai dari Lapangan Sepakbola Pasar Koto Agung, diakses dan dilepas secara resmi Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Dandim 0310/SSD, Letkol Endik Hendra Sandi, Kapolres Dharmasraya, diwakili Kasat Binmas, Iptu Azriman, camat dan walinagari setempat, serta turut disaksikan ribuan penduduk yang mampir dari semua penjuru Dharmasraya.

Dalam peluang itu, Sutan Riska tak henti-henti memuji kreativitas warga setempat dalam mendesain semua properti dan skenario aktivitas supaya menarik untuk disaksikan.

“Saya kira kreativitas warga Blok B Sitiung 1 ini layak menjadi semisal bagi warga lain di setiap nagari dalam menyelenggarakan pawai dan karnaval”, ungkap Sutan Riska.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada penyenggara dan peserta yaitu Karang Taruna dan semua warga Blok B Sitiung I.

“Saya salut dengan kekompakan pemuda dan warga Koto Agung. Acara sebesar ini aku kira membutuhkan daya yang luar biasa untuk mewujudkannya”, lanjut Sutan Riska.

Sementara Fuji, warga setempat mengutarakan rasa antusiasmenya untuk ikuti pawai dan karnaval hari kemerdekaan ini. Ia mengaku sudah lama tak lihat acara tahunan ini ditunaikan pasca dilanda Covid-19.

“Ini kan yang pertama sesudah Covid, menjadi sebetulnya sangat ditunggu-tunggu sekali oleh warga sini”, tutur Fuji.

(Yanti)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait