Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Dharmasraya · 21 Agu 2022 16:29 WIB ·

Karnaval Kemerdekaan di Koto Agung Berlangsung Meriah, Sutan Riska Puji Kreativitas Warga


 Karnaval Kemerdekaan di Koto Agung Berlangsung Meriah, Sutan Riska Puji Kreativitas Warga Perbesar

Dharmasraya | Topsumbar – Pawai dan Karnaval yang di laksanakan Karang Taruna Blok B Koto Agung, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Minggu 21 Agustus 2022 berjalan meriah.

Ribuan orang dari beragam kalangan turut berpartisipasi dengan menampilkan sejumlah kreasi mengenai bulan kemerdekaan serta kreatifitas lain yang melambangkan persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Adapun kreatifitas yang ditampilkan diantaranya, replika peralatan tempur yang menggambarkan perjuangan merebut dan menjaga kemerdekaan, yaitu pesawat tempur, tank dan meriam, lengkap dengan bala tentaranya yang memanggul senjata.

Sementara tak hanya tampilan atraksi drama teatrikal, serta kostum budaya daerah, peserta dengan busana unik juga menjadi segi lain dari pawai ini. Beberapa peserta tampil dengan bahan daur ulang, seperti kertas koran, plastik dan daun pisang kering.

Di barisan lain, para petani juga tak lupa memerkan hasil penennya sebagai sinyal syukur mendapatkan nikmat kemerdekaan.

Pawai dan karnaval di mulai dari Lapangan Sepakbola Pasar Koto Agung, diakses dan dilepas secara resmi Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Dandim 0310/SSD, Letkol Endik Hendra Sandi, Kapolres Dharmasraya, diwakili Kasat Binmas, Iptu Azriman, camat dan walinagari setempat, serta turut disaksikan ribuan penduduk yang mampir dari semua penjuru Dharmasraya.

Dalam peluang itu, Sutan Riska tak henti-henti memuji kreativitas warga setempat dalam mendesain semua properti dan skenario aktivitas supaya menarik untuk disaksikan.

“Saya kira kreativitas warga Blok B Sitiung 1 ini layak menjadi semisal bagi warga lain di setiap nagari dalam menyelenggarakan pawai dan karnaval”, ungkap Sutan Riska.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada penyenggara dan peserta yaitu Karang Taruna dan semua warga Blok B Sitiung I.

“Saya salut dengan kekompakan pemuda dan warga Koto Agung. Acara sebesar ini aku kira membutuhkan daya yang luar biasa untuk mewujudkannya”, lanjut Sutan Riska.

Sementara Fuji, warga setempat mengutarakan rasa antusiasmenya untuk ikuti pawai dan karnaval hari kemerdekaan ini. Ia mengaku sudah lama tak lihat acara tahunan ini ditunaikan pasca dilanda Covid-19.

“Ini kan yang pertama sesudah Covid, menjadi sebetulnya sangat ditunggu-tunggu sekali oleh warga sini”, tutur Fuji.

(Yanti)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 9

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Se-Provinsi Sumatera Barat Jalin Kerjasama Dengan Semen Padang

26 September 2022 - 08:56 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Hadiri Acara Pembukaan Masa Penerimaan Anggota Baru PMII Ke-II Universitas Dharmas Indonesia

25 September 2022 - 21:51 WIB

Hendak Mengisi BBM di SPBU Seorang Wanita Berbonceng Dua Anak Kecil Tertabrak Kenderaan Truck Box Di Sungai Rumbai

25 September 2022 - 17:41 WIB

Nekad Ambil Jalur Lawan Dump Truck Tronton Hino Tabrak Pesepeda Motor Di Gunung Medan

25 September 2022 - 17:34 WIB

Dua Nama Maju di Pilwana Sungai Kambut, Asrial Amri Siap Menangkan Suara Terbanyak

24 September 2022 - 09:46 WIB

Wujud Kepedulian Polri, Polres Dharmasraya Giat Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat Ekonomi Rendah

23 September 2022 - 15:48 WIB

Trending di Dharmasraya