Perwosi Berperan dalam Membentuk Keluarga Sejahtera dan Cinta Olahraga

Perwosi Berperan dalam Membentuk Keluarga Sejahtera dan Cinta Olahraga

Kota Solok | TopSumbar – Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) pusat didirikan 55 tahun yang lalu pada tanggal 20 Mei 1967. Di tingkat Nasional, Perwosi dipimpin oleh ibu Tri Tito Karnavian untuk periode yang ke-2 kalinya pada Munas Perwosi bulan Maret 2022.

Dalam pelaksanaan program kerja, Perwosi merupakan wadah tempat berhimpunnya Pembina, penggerak, atlet dan pelatih wanita olahraga dari semua induk organisasi olahraga baik olahraga prestasi, rekreasi dan disabilitas.
Perwosi sebagai organisasi wanita olah raga yang anggotanya secara sukarela membaktikan dirinya untuk suatu tujuan bersama yakni menjadikan wanita Indonesia yang sehat dan bugar untuk membentuk keluarga sejahtera dan cinta olahraga, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

“Perwosi merupakan salah satu organisasi Fungsional KONI, yang berperan memberikan pendampingan, motivasi dan juga menciptakan kecintaan berolah raga yang dimulai dari kalangan keluarga,” kata Ny. Fitria Amalia Audy Joinaldi dalam acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Porwasi Kota Solok periode 2022-2026 di Balirung 99, Rumah Dinas Wali Kota Solok, Senin (27/6).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan ini Ketua Perwosi Sumatera Barat, Ny. Fitria Amalia Audy, istri wakil Gubernur Sumatera Barat menyampaikan, Kota Solok merupakan daerah ke-13 yang telah dilantik dan dikukuhkan kepegurusan Perwosi dan daerah ke-10 pada tahun 2022 ini yang dilantik kepengurusan barunya, setelah Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Sawahlunto, Pasaman Barat, Kota Pariaman, Pasaman, Sijunjung, Lima Puluh Kota, Padang Panjang dan Solok Selatan.

Sementara itu, Ketua Perwosi Kota Solok yang baru dilantik, Ny. Dona Ramadhani mengharapkan Perwosi akan dapat meningkatkan eksistensi wanita dalam peran serta mengembangkan olahraga sesuai kepribadian dan kebudayaan. Saat ini, olahraga merupakan gaya hidup yang digemari masyarakat Indonesia.

“Kita terlalu banyak menghabiskan waktu bekerja dan seakan-akan melupakan olahraga. Padahal olahraga itu penting bagi kesehatan,” ujarnya.

Ke depan, Perwosi Kota Solok akan berupaya untuk memotivasi masyarakat agar hidup sehat dan olahraga teratur.

”Perwosi Kota Solok diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kepada wanita dan anak di Kota Solok dalam mencintai olahraga, sehingga masyarakat Kota Solok sehat rohani dan jasmaninya,” tutup Ny. Dona Ramadhani.

Selanjutnya, mewakili Walikota Solok, Kepala Dinas Pemberdaaan Masyarakay Perempuan dan Perlindungan Anak, Delfianto, mengharapkan seluruh pengurus Perwosi harus peka terhadap beberapa isu nasional terkait dengan kesehatan, termasuk pandemi Covid-19.

“Semoga dengan pengukuhan Perwosi bisa menjadikan Kota Solok sehat sekaligus meningkatkan peran perempuan khususnya dalam dunia olahraga, banyak peran yang harus dilaksanakn Perwosi setelah pengukuhan, pengurus Perwosi harus mampu menguasai teknologi. Perwosi Kota Solok bisa menjadi pendamping Pemerintah khususnya dalam pemberdayaan perempuan,” harap Kadis Delfianto.
Lebih lanjut, Ketua KONI Kota Solok, Rudi Horizon mempunyai harapan besar kepada pengurus Perwosi agar bisa memajukan olahraga di Kota Solok, dalam rangka mendidik anak bangsa, organisasi Perwosi menjadikan wanita-wanita Indonesia wanita yang kuat, mandiri dan kreatif. (shan)

Pos terkait