AYO Mulai Gerakan Hidup Sehat

AYO Mulai Gerakan Hidup Sehat
AYO Mulai Gerakan Hidup Sehat

TOPSUMBAR – WHO mendefinisikan kesehatan sebagai “kesejahteraan fisik, mental, sosial dan tidak ada penyakit”, beberapa ilmuwan juga mendefinisikan kesehetan merupakan kemampuan untuk bekerja, melakukan peran dalam keluarga, dan masyarakat.

Dewasa ini, banyak dari kalangan anak muda maupun orang tua yang sedang gencar-gencarnya melakukan pola ataupun gaya hidup sehat dan bagi kalangan anak muda menjaga asupan makanan dan badan sudah menjadi tren saat ini.

Kesadaran masyarakat yang sudah memilih gaya hidup sehat sangatlah baik, apalagi untuk kualitas generasi penerus bangsa kedepannya lebih sehat, cerdas dan kreatif.

Bacaan Lainnya

Beberapa tips gaya hidup sehat yang harus kamu tiru juga lho Toppers:

     1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi   

Makanan sehat dan bergizi sangat di perlukan oleh tubuh untuk menjaga fungsi organ dan kinerjanya, keseimbangan dari makanan sehat ialah makanan yang mnemiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. Kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak.

Makanan sehat dan bergizi seimbang bisa kamu temui dalam Sayuran hijau (Brokoli, bayam, kubis kale), Buah-buahan (apel, jeruk, alpukat, pisang, buah-buah berry), Kacang-kacangan dan biji-bijian, Susu (keju, yogurt), Daging dan telur yang mengandung lemak jenuh dan hewani serta omega dan protein tinggi.

     2. Selalu berfikir positif dan menghindari stres

Secara umum berfikir positif dapat diartikan sebagai aktifitas yang dilakukan dengan tujuan membangun dan membangkitkan energi positif dalam diri yang berupa semangat, tekad, potensi dan keyakinan yang muncul dalam perasaan ataupun perilaku yang memancarkan energi positif.

3. Minum air putih teratur minimal 2L sehari

Kekurangan minum air putih dapat menyebabkan tubuh rentan mengalami dehidrasi, selain itu kurangnya mineral yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan perut kembung, penurunan tekanan darah, urin berwarna kuning/ gelap, kulit tidak elastis hingga berujung pada penurunan kesadaran yang bisa saja berujung pada kematian.

 4. Rajin berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh

30 menit setiap hari dapat kamu lakukan kapan dan dimana saja seperti mencuci mobil,motor dan sepeda, menyapu rumah dan membersihkan kebun. Olahraga yang memacu kinerja tubuh untuk bergerak lebih lama, yang dapat kamu lakukan dirumah ialah: Bersepeda, jalan pagi, jogging, HIIT, berenang, yoga, skipping, aerobik, sit up, dan latihan angkat beban.

5. Hindari Merokok dan konsumsi minuman beralkohol

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, asap satu batang rokok mengeluarkan 4000 jenis bahan kimia yang akan mengancurkan tubuh penikmat dan orang sekitarnya.

Minuman keras juga dapat menimbulkan penyakit paru dan gangguan mental organik (GMO) yaiu gangguan dalam fungsi berfikir, merasa, dan berprilaku.

6. Hindari begadang dan tidur larut malam

Banyak efek maupun dampak negatif yang ditimbulkan dari tidur larut malam (begadang), dalam jangka panjang efek begadang dapat menimbulkan meningkatnya resiko gangguan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan, memicu obesitas, menurunkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan fokus dan kosentrasi, memunculkan permasalahan kulit, memicu diabetes dan membuat gairah seks menurun.

Risiko ini juga akan semakin meningkat pada seseorang yang menjalani pola hidup yang kurang sehat.

Yuk mulai hidup sehat untuk diri sendiri, keluarga dan orang sekitar, jaga sehatmu untuk terus ciptakan senyum bagi orang-orang tersayang.

Semoga bermanfaat! (MHF)

Pos terkait