Sambangi Nagari Simalanggang, Mahyeldi: Tahun Ini Pemkab Lima Puluh Kota Terima Alokasi Dana Sebesar 82 Miliar

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota, Saffaruddin dt Bandaro Rajo menyambut langsung kunjungan tim 1 Safari Ramadhan Pemrov Sumatera Barat yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansyarullah di masjid Al-Muttaqin, Jorong Balai Rupih, kenagarian Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Minggu (10/4).

Hadir dalam rombongan yang menyambut tim 1 safari ramadhan tersebut, Anggota DPRD H. Yos Sariadi, Asisten Administrasi Umum, Azuhdi Perama Putra, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Indrawati, Kepala Distanhorbun, Witra Porsepwandi, Plt Kepala Dinas PUPR, Rilza Hanif, Plt Kepala Bapelitbang, Aimel Nazra, Kepala Kemenag Tanjung Pati, Naharudin, Kabag Kesra, Usman, Kabag Umum, Wira Dinata, Kabag Prokopim, Rony M Nur, Camat Payakumbuh, Joni Anto dan Wali Nagari Simalanggang.

Dalam sambutannya, pengurus masjid Al-Muttaqin, Yazid Rusli mengucapkan rasa syukur da terimkasihnya kepada Gubernur dan Bupati telah berkunjung masjid masyarakat nagari Simalanggang itu.

Bacaan Lainnya

Terimakasih Pak Gubernur serta Pak Bupati, kami sangat mengharapkan kedatangan Bapak ini ke masjid kami, semoga dengan kunjungan bapak-bapak ini masjid kami ini mendapatkan bantuan nantinya,”ungkapnya.

Ia mengatakan masjid Al-Muttaqin tersebut telah berdiri dari tahun 1928, dan telah terjadi 7kali perombakan hingga saat ini. “Kondisi masjid kita saat ini masih berantakan karena masih dalam proses pembangunan 5 qubah dan saat ini dalam tahap pengerjaan qubah inti, sampai saat ini masih tahap pengerjaan selama khas masjid masih ada,”tukasnya.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo mengucapkan selamat datang kepada Gubernur beserta rombongan di Lima Puluh Kota.

“Terima telah menunjuk daerah kam sebagai tujuan safari ramadhan dan Alhamdulillah, tahun ini daerah kita mendapat 5 kali kunjungan safari dari pemerintah Provinsi,”ujarnya.

Ia berharap dengan kedatangan Gubernur ketengah masyarakat menjadi cahaya yang cerah untuk masyarakat Lima Puluh Kota.

“Jadi program Bupati dan Gubernur dalam membangun daerah sejalan, yaitu kita di sini menjadikan Lima Puluh Kota Madani, sementara Gubernur menjadikan Provinsi Sumatera Barat menjadi Provinsi Mandani,” sambungnya.

Di kesempatan itu Safaruddin juga menjabarkan 5 program unggulannya dihadapan Gubernur dan masyarakat Simalanggang.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih atas sambutan Bupati dan masyarakat Simalanggang.

Ia dengan tegas mengatakan, akan mendukung penuh program Bupati untuk menanam 20rb Ha Jagung pakan di Lima Puluh Kota, dengan cara menyediakan bibitnya. “Kita telah mengalokasikan dana 10% untuk sektor pertanian dan kita mendukung program Bupati ini sebab Lima Puluh Kota adalah sentra ayam petelur dan pedaging. InsyaAllah dengan sektor pertanian ini kita akan sejahtera,” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Ia juga mengatakan Pemerintah Provinsi pada tahun ini sudah menganggarkan dana sebesar Rp82 miliar untuk dialokasikan ke Kabupaten Lima Puluh Kota. “Diantaranya, Rp5,8 miliar untuk pendidikan, untuk kesehatan Rp7,5, kehutanan Rp4,9 miliar serius budidaya madu lebah galo-galo, Lalu untuk Koperasi dan UMKM Rp1,5, perkebunan Rp7,5 miliar dan pariwisata Rp8,3 miliar, semoga ditahun mendatang anggaran untuk daerah ini akan terus meningkat,”sambungnya.

Mahyeldi juga mengatakan kegiatan safari ini merupakan kegiatan silaturahim guna bekerjasama dalam menyukseskan pembangunan daerah. “Untuk itu mari kita Pemerintah provinsi dan Kabupaten/Kota untuk saling bekerjasama dan bersinergi dalam membangun daerah, serta masyarakat terus mendukung Pemerintah dalam membangun daerah,” tutupnya.

Dalam kunjungan Safari Ramadhan ini, Gubernur menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Al Muttaqin sebesar Rp50 juta. Ditambah bantuan dari Bank Nagari Rp10 juta dan dari Kemenag Sumbar berupa 20 Al-quran.

(ton)

Pos terkait