Sambut Ramadhan, Tradisi Potang Balimau 2024 berlangsung Semarak di Pangkalan Koto Baru Limapuluh Kota

Sambut Ramadhan, Tradisi Potang Balimau 2024 berlangsung Semarak di Pangkalan Koto Baru Limapuluh Kota

TOPSUMBAR – Ribuan warga Pangkalan memadati pinggiran sungai Batang Maek, Pangkalan Koto Baru, Limapuluh Kota menyaksikan alek nagari Potang Balimau.

Meski dalam suasana mendung dan diguyur hujan, tak mengganggu warga untuk menyemarakkan alek anak nagari Potang Balimau dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Minggu sore, 10 Maret 2024 yang tidak hanya diikuti oleh warga sekitar, namun juga para perantau dan masyarakat dari berbagai daerah.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Potang Balimau tersebut dibuka oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Turut hadir Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Ricardo Conrat Yusuf, Ketua TP-PKK, Nevi Safaruddin, unsur Forkopimda, serta sejumlah Kepala OPD Limapuluh Kota.

Ajang mandi di sungai tersebut merupakan kegiatan rutin masyarakat Limapuluh Kota dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan serta saling bersilaturahmi.

Sejumlah rangkaian acara turut menyemarakkan kegiatan Potang Balimau seperti, arak-arakan kapal hias, berbagai perlombaan.

Selain itu juga ajang turnamen dan penyambutan PKP Pulang Basamo dengan berbagai macam pertunjukan anak nagari.

“Semoga kegiatan Potang Balimau ini dapat mempertahankan tradisi turun temurun Nagari Pangkalan, serta meningkatkan semangat kebersamaan,” ujar Bupati.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan untuk menarik pariwisata. Serangkaian kegiatan Mimbau Tigo Alua, Selaju Sampan, Pidato Adat, serta Lomba Qasidah ditampilkan pada acara ini,” tambahnya.

Bupati berterimakasih kepada penyelenggara atas kehadiran kegiatan tersebut. Ia berharap, tradisi Potang Balimau dapat menjadi prioritas pariwisata nasional kedepan.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait