Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Pasaman · 6 Apr 2022 14:24 WIB ·

Gandeng PMI Pasbar, Media Top Sumbar Inisiasi Aksi Berbagi Cerita Ramadhan di Huntara


 Gandeng PMI Pasbar, Media Top Sumbar Inisiasi Aksi Berbagi Cerita Ramadhan di Huntara Perbesar

SIMPANG AMPEK | TOP SUMBAR–PT Update Top Media yang merupakan pemilik salah satu portal berita di Provinsi Sumatera Barat, TopSumbar.co.id, menginisiasi aksi kemanusiaan Berbagi Cerita Ramadhan di Hunian Sementara (Huntara) korban terdampak gempa 6,2 SR yang dibangun oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) di Kabupaten Pasaman Barat.

Pimpinan Umum sekaligus Pimpinan Redaksi TopSumbar.co.id, Hanny Tanjung, saat dihubungi di Padang, Rabu (06/03), mengatakan kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk bincang-bincang dengan penerima manfaat Huntara PMI.

“Dalam hal ini kami menugaskan tim media untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana kehidupan masyarakat terdampak bencana gempa menjalani hari-hari di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, ” ungkapnya.

Nantinya, lanjut Hanny, tim tersebut akan didampingi serta diarahkan oleh pihak relawan PMI di Kabupaten Pasaman Barat untuk memilih secara acak target narasumber pemilik Huntara.

Hasil perbincangan itu, akan disajikan dalam bentuk tulisan feature kemanusiaan sehingga dapat menjadi referensi bagi publik dan pihak pemerintah terkait untuk lebih memahami harapan dan keinginan masyarakat terdampak dihari-hari selanjutnya.

“Jika memungkinkan kami juga akan menerbitkan hasil perbincangan dalam bentuk audio visual untuk memberikan gambaran jelas tentang manfaat Huntara yang dibangun oleh PMI oleh masyarakat penerima, ” ulasnya.

Dengan begitu, tambahnya, diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan dapat menyambung tali silaturahmi antara donatur, relawan serta masyarakat.

Menurutnya, tahapan pendampingan terhadap korban bencana gempa 6,2 SR di daerah itu merupakan tanggungjawab bersama dan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan hasil yang terukur.

“Semoga langkah kecil yang yang kami lakukan ini dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak bahwa saudara-saudara kita yang saat ini harus menjalani kehidupan di Huntara, masih sangat membutuhkan dorongan semangat dan perhatian yang tulus dari kita semua, ” harapnya.

Terpisah, Penanggung Jawab Operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Pasaman Barat, Dedy Ihram S, Hut, mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen Top Sumbar.co.id.

“Sejak awal masa tanggap darurat hingga saat ini sebagai lembaga publikasi media massa, Top Sumbar selalu mendukung giat kemanusiaan yang kami lakukan dengan menghadirkan kinerja terbaiknya tanpa kenal lelah, ” sebutnya.

Terkait program Berbagi Cerita Ramadhan di Huntara yang digagas oleh media massa itu, ia meyakini akan memberikan dampak positif terhadap upaya penanganan masyarakat terdampak bencana oleh berbagai pihak khususnya PMI.

“Harus ada evaluasi dan koreksi kalau kita menginginkan penanganan bagi korban berjalan lancar dan tepat sasaran, kesemuanya itu tak lain adalah pemenuhan hak masyarakat atas pelayanan prima yang dilaksanakan secara adil, berkualitas dan transparan dalam pelaksanaannya, ” tegas Dedy.

Senada, Koordinator Lapangan Tim Operasi TDB PMI Pasaman Barat, Rida Warsa, mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan maksimal demi suksesnya kegiatan ini.

“Kami sudah menyiapkan kendaraan operasional dan paket bantuan berupa produk minuman yang nantinya dapat diserahkan secara simbolis kepada pemilik Huntara baik oleh tim media massa atau relawan PMI untuk kemudian digunakan untuk berbuka puasa bersama bersama masyarakat penerima manfaat, ” tutupnya.

(Rully)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Edrianosmoy, Ketua Petani Milenial Mapat Tunggul Maju di Pilwana Pintu Padang

22 September 2022 - 11:12 WIB

Hari Anak Nasional, Jemari Sakato Bersama PMI Pasbar Gelar Simulasi Gempa di Kajai

23 Juli 2022 - 12:55 WIB

Kado HBA ke-62, Kejari Tahan Dua Tersangka Kasus Mega Korupsi di Pasbar

22 Juli 2022 - 16:26 WIB

Tiga Unit Rumah di Pasbar Terbakar, Belasan Orang Mengungsi

4 Juli 2022 - 11:42 WIB

Bersinergi, TNI-Polri Bedah Rumah Warga di Gunung Tuleh Pasbar

29 Juni 2022 - 10:54 WIB

Darurat Peredaran Narkoba, BNN: Sudah Saatnya Pasbar Lahirkan Regulasi Berbasis Kearifan Lokal

25 Juni 2022 - 19:37 WIB

Trending di Pasaman