Ekos Albar Dorong Pembangunan Bypass untuk Atasi Kemacetan di Padang

Ekos Albar Dorong Pembangunan Bypass untuk Atasi Kemacetan di Padang

TOPSUMBAR – Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar mendorong pembangunan bypass untuk mengatasi kemacetan di Kota Padang.

Ia menyampaikan hal tersebut saat mengikuti kegiatan Mapping Isu Strategis Program Pembangunan dan Kebijakan Sub Sektor Transportasi Udara dan Perkeretaapian di Wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang digelar oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan di Hotel Santika Padang, Selasa 5 Maret 2024.

Ekos mengatakan, kemacetan di Padang semakin parah dan perlu solusi jangka panjang untuk mengatasinya. Bypass, menurutnya, adalah solusi yang paling tepat untuk mengurai kemacetan di pusat kota Padang.

Bacaan Lainnya

“Bypass akan kita jadikan sebagai jalur alternatif bagi kendaraan yang ingin keluar masuk kota Padang. Dengan begitu, kemacetan di pusat kota bisa diurai,” ujarnya.

Selain bypass, Ekos juga mendorong optimalisasi transportasi publik di Padang. Trans Padang, menurutnya, harus di optimalkan dan reaktivasi kereta api juga perlu di kaji.

“Kita menginginkan masyarakat memiliki pilihan transportasi yang nyaman dan aman. Transportasi publik yang optimal akan mendorong masyarakat untuk meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi publik,” tambahnya.

Ekos berharap, dengan berbagai upaya yang di lakukan, kemacetan di Padang dapat teratasi dan masyarakat dapat menikmati transportasi yang lebih nyaman dan aman.

Sekretaris Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan Avirianto Suratno, mendukung upaya Pemko Padang dalam mengatasi kemacetan.

Ia menyatakan bahwa Kementerian Perhubungan siap membantu Pemko Padang dalam membangun bypass dan reaktivasi kereta api.

“Kami siap membantu Pemko Padang dalam mengatasi kemacetan. Kami akan kaji usulan pembangunan bypass dan reaktivasi kereta api,” ucapnya.

Avirianto berharap kerjasama antara Pemko Padang dan Kementerian Perhubungan kemacetan di Kota Padang dapat segera teratasi.

“Mapping ini menjadi platform yang tepat untuk mencari solusi bersama dalam mengatasi kemacetan di Padang,” tutupnya.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait