Musrembang RKPD Tahun 2023 Kabupaten Lima Puluh Kota di Gelar

Lima Puluh Kota,-Dalam rangka Mengidentifikasi dan Menentukan Prioritas Kebijakan Pembangunan di Kabupaten Lina Puluh Kota di tahun 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2023, di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, Kamis (24/3).

Dalam kegiatan tersebut, diikuti oleh Sekda Lima Puluh Kota, Widya Putra, Perwakilan Bapeda Provinsi Sumatera Barat, unsur Forkopimda Lima Puluh Kota, Angota DPRD Lima Puluh Kota, seluruh Kepala dan jajaran OPD di lingkungan Pemkab Lima Puluh Kota, Asisten, Staf Ahli, Kepala Instansi Vertikal di Lima Puluh Kota, Camat se- Kabupaten Lima Puluh Kota, Wali Nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota.

Juga hadir dalam acara tersebut melalui Video Conference Perwakilan daerah tetangga seperti Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Kampar, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua LSM, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutanya, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo yang saat itu diwakili oleh Sekda Widya Putra, mengatakan Musrembang RKPD merupakan proses bagian tahapan pembangunan tahunan yang dilaksanakan guna menyempurnakan Rancangan RKPD tahun 2023.

“Perencanaan pembangunan di tahun 2023 ini merupakan rancangan pembangunan tahun kedua yang disusun dalam RPJMD tahun 2021-2026 dalam rangka menyukseskan visi kepala daerah yang juga merupakan visi misi daerah yang berbunyi Mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madadani Beradat Berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”ujarnya.

Selanjutnya, Ia mengatakan Musrenbang perencanaan pembangunan RKPD 2023 ini mengangkat tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kualitas Ekonomi Masyarakat yang di Dukung Dengan Pembangunan Insfrastruktur”.

“Untuk mendukung terwujudnya tema tersebut maka disusunlah prioritas perencanaan pembangunan tahun 2023 sebagai berikut: pertama pengembangan masyarakat madani, kedua pengembangan pertanian dan peternakan menuju agribisnis, selanjutnya pengembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan IIK Sarilamak dan terakhir peningkatan insfrastruktur daerah. Rencana tersebut sudah kita diselaraskan dengan pembangunan di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,”ungkapnya.

Sementara itu, sebagai perwakilan anggota DPRD Lima Puluh Kota, Wendi Candra mengaku berterimakasih dan menyambut baik kegiatan musrembang RKPD tahun 2023 Kabupaten Lima Puluh Kota ini, sebab kegiatan ini merupakan langkah untuk menyelaraskan rancangan RKPD melalui berbagai tahapan yang didalamnya terjadi proses negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisasi untuk mencapai konsensus bersama dalam pembangunan daerah.

“Kegiatan musrembang ini memiliki peran dan memiliki poin penting dalam meminimalisir ketidak pastian dan ketidak puasan masyarakat, meminimalisir aspirasi yang tidak terpenuhi, meminimalisir in-efisiensi penggunaan anggaran sehingga kegiatan ini sangat perlu kita laksanakan,” ujarnya.

Selanjutnya, Ia mengungkapkan untuk menyukseskan pembangunan daerah tahun 2023 ini diperlukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi antara pelaku pembangunan baik itu disisi Pemerintah, swasta dan masyarakat di daerah, sehingga akan terjadi pembangunan yang berkelanjutan, terpadu dan terarah untuk jangka panjang.

(ton)

Pos terkait