Bupati Limapuluh Kota Lakukan Pemantauan Ketersediaan Pangan di Pasar Nagari Taram, Harga Bahan Pokok Meningkat.

Bupati Limapuluh Kota Lakukan Pemantauan Ketersediaan Pangan di Pasar Nagari Taram, Harga Bahan Pokok Meningkat.

TOPSUMBAR – Beberapa hari menjelang Ramadhan 1445 H, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin melakukan pemantauan harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pasar Tradisional Taram pada Kamis, 7 Maret 2024.

Turut hadir Kapolres Limapuluh Kota, Kepala BPS, serta unsur Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota, Kadis Pangan, Camat Harau, serta Wali Nagari Taram.

Bacaan Lainnya

Bupati bersama rombongan juga turut berbincang dengan pedagang maupun pembeli untuk menanyakan perihal ketersediaan sembako maupun bahan dapur.

Selain itu, Bupati juga turut berdiskusi dengan para pedagang mengenai bahan pokok seperti beras, bawang, cabe, daging, minyak goreng, amupun telur.

Berdasarkan hasil pantauan, harga bahan pokok per tanggal 7 Maret 2024 untuk beras berada di angka Rp 15.000 hingga Rp 17.000/kg.

Kemudian harga daging sapi rata-rata per minggu berada di angka Rp 150.000/kg, harga telur ayam Rp 50.000-Rp 60.000/tray 30 lobang.

Sedangkan pada komoditas cabe merah keriting berkisar Rp 85.000/kg, bawang merah Rp 24.000/kg, minyak goreng curah Rp 13.500/kg, dan minyak goreng kemasan Rp 16.500 hingga Rp 21.000/kg.

Bupati menjelaskan bahwa harga beberapa kebutuhan bahan pokok di Limapuluh Kota cenderung meningkat.

“Harga bahan pokok disini relatif meningkat. Kita telah menanyakan langsung kepada pedagang, mereka mengatakan ada kenaikan harga di seluruh bahan pokok,” ungkapnya.

“Pemkab telah melakukan monitoring persediaan bahan pokok. Jika bahan pokok mengalami kelangkaan, maka akan berpengaruh pada kenaikan harga. Kita terus berkomitmen dengan Dinas terkait untuk memastikan kestabilan harga. Alhamdulillah, hingga saat ini, stok bahan di pasaran cukup tersedia,” pungkasnya.

Bupati akan melaksanakan Gelar Pangan Murah di sejumlah titik di kabupaten Limapuluh Kota. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan harga sejumlah bahan pokok dan daya beli masyarakat.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait