Tim Verifikasi Sumbar Nilai Dasawisma Flamboyan II Nagari Situjuah Batua

Lima Puluh Kota | Top Sumbar,-Tim Verifikasi Lapangan Lomba Ketua Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat menyambangi kelompok Dasawisma Flamboyan II, Jorong Tepi, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, guna melakukan penilaian dan verifikasi dalam rangka Lomba Ketua Kelompok Dasawisma Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022, Senin (14/2).

Tim penilai yang dipimpin Ketua TP-PKK Provinsi Ny. Harneli Mahyeldi tersebut disambut langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo, Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota, Ny. Nevi Safaruddin, Wakil Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota, Lira Rizki Kurniawan, Sekda Lima Puluh Kota, Widya Putra, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Lima Puluh Kota, Camat Situjuah Limo Nagari, Wali Nagari Situjuah Batua, serta kader PKK Kabupaten dan di Nagari Situjuah Batua.

Dalam sambutannya, Ny. Harneli mengatakan, kunjungan tim verifikasi tingkat Provinsi tersebut adalah langkah untuk memperoleh data nyata terhadap berbagai usaha dan kegiatan yang dilaksanakan TP-PKK terutama dasawisma di daerah-daerah yang akan dinilai.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2022 ini, salah yang masuk kategori dan layak dan berhak untuk dinilai untuk lomba adalah Dasawisma Flamboyan II Nagari Situjuah Batua ini,”sambung Harneli.

Dikatakannya, penilaian lomba tersebut telah melalui beberapa tahap yang diawali dengan temu Ketua Dasawisma Beprestasi se Sumatera Barat. “Jadi sebelumnya rangkaian penilaian yang harus dilalui agar sampai ke tahap ini adalah, penilaian laporan kegiatan dasawisma, penilaian tertulis kompetensi dasar ketua dasawisma serta penilaian ekspos masing-masing ketua dasawisma di daerah,” ujarnya.

Selanjutnya, Ia mengatakan Dasawisma merupakan ujung tombak PKK memiliki peran strategis mewujudkan ketahanan keluarga sejahtera yang melahirkan generasi muda tangguh untuk Indonesia Maju.

Oleh sebab itu kegiatan kader Dasawisma adalah kegiatan kemasyarakatan yang amat mulia, menyangkut upaya pendataan yang objektif dan menggerakkan pelaksanaan kegiatan 10 Program Pokok PKK di lapangan.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo dalam sambutannya,menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Verifikasi Lapangan Lomba Ketua Kelompok Dasawisma di daerah yang Ia pimpin.

“Alhamdulillah, Dasawisma didaerah kita berhasil masuk penilaian ke tingkat Provinsi saat ini dan menjadi 6 nominasi untuk menjadi terbaik tingkat Sumbar. Terima kasih atas kunjungan ini kepada seluruh rombongan, semoga ini menjadi semangat dan motivasi bagi kami untuk lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras  Kelompok Dasa Wisma Flamboyan II, TP PKK Nagari, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kabupaten dan masyarakat lainnya atas dukungan untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Tentunya prestasi ini tidak lepas dari kerjasama dan dukungan semua pihak, khususnya kader Dasawisma Nagari Situjuah Batua dan Kader PKK yang telah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Terima kasih atas kerja kerasnya dan semoga Dasawisma kita ini mampu menjadi yang terbaik nantinya,” harap Bupati.

Seperti diketahui, Kelompok Dasawisma Flamboyan II Nagari Situjuah Batua ini, memiliki banyak inovasi dan kegiatan yang menarik perhatian, dan yang menjadi program unggulannya Dasawisma ini yaitu program (Nagari Bebas Sampah) , yang merupakan program kerjasama antara Pemerintah Nagari dengan TP-PKK dan Dasawisma di Nagari Situjuah Batua.

Sampah yang dikumpulkan ditiap rumah masyarakat tersebut nantinya akan dipilah antara sampah organik dan sampah anorganik untuk kemudian diolah menajdi produk yang bermanfaat seperti menjadi pupuk organik, dan beberapa olahan cendra mata yang terbuat dari sampah plastik. (Ton)

Pos terkait