Dharmasraya Alami Kenaikan Pendapatan Pajak, Penghapusan Denda Diperpanjang Hingga Maret 2022

Kanit Regident Suharino Ershad, SH di ruang kerjanya, Kamis (27/01/2022).
Kanit Regident Suharino Ershad, SH di ruang kerjanya, Kamis (27/01/2022).

Dharmasraya | Topsumbar — Penerimaan pajak kendaraan di Dharmasraya mengalami peningkatan cukup signifikan baik dalam jumlah nominal maupun persentase terhadap pendapatan negara. Di sisi lain persentase Wajib Pajak masih sangat kecil dibandingkan dengan jumlah seluruh data penduduk pengguna kendaraan bermotor yang terdaftar di Samsat Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kasatlantas Polres Dharmasraya Iptu Sayyid Malik Ibrahim diwakili Kanit Regident Suharino Ershad SH, melalui Topsumbar mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya agar sadar wajib pajak.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Dharmasraya untuk segera melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor karena sekarang untuk pembayaran pajak bisa dilakukan dengan sangat mudah bahkan tidak harus mengantri di kantor Samsat setempat,” katanya pada Topsumbar, Kamis (27/01/2022).

Bacaan Lainnya

Dirinya menambahkan, selain kami melakukan razia pajak kendaraan bermotor, jika ditemukan kendaraan belum bayar pajak kami mengarahkan untuk bayar pajak, atau bayar pajak secara online, selain itu kami juga rutin menjadwalkan pelayanan Samsat keliling di seluruh nagari untuk menjangkau masyarakat secara keseluruhan terutama yang tinggalnya di pelosok Dharmasraya, ucap Kanit Regident Suharino Ershad.

“Dampak imbauan untuk sadar pajak yang rutin kita lakukan di media sosial, razia, serta pelayanan Samsat keliling, Alhamdulillah saat ini Kabupaten Dharmasraya berdasarkan data sudah 70 persen masyarakat sadar bayar pajak kendaraan bermotor,” sambungnya.

“Alhamdulillah saat ini terdata masyarakat pengguna kendaraan yang sudah pajak sekitar 70 persen, yang paling signifikan yakni data berkas balik nama bulan ini mencapai 80 berkas, bulan sebelum hanya 20 berkas saja,” imbuhnya lagi.

Pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara khususnya dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan.

Di sisi lain pajak juga sangat penting dalam mengatur pertumbuhan ekonomi melalui kebijaksanaan pajak. Oleh karena itu selain memberikan kemudahan bagi masyarakat sadar pajak dengan bayar pajak secara online, atau memanfaatkan Samsat keliling, sehingga diharapkan tidak ada lagi masyarakat tidak bayar pajak, apalagi saat ini Samsat Dharmasraya (tergabung dari pihak kepolisian, pemerintah daerah setempat dan juga pihak Asuransi Jasa Raharja) mengadakan pemutihan bertujuan untuk mempermudah masyarakat itu sendiri yakni balik nama kendaraan serta penghapusan denda pajak gratis sampai 15 Maret 2022 nanti.

(Yanti)

Pos terkait