Pelayanan ‘Jebol’ Kunjungi Kelurahan Kampung Jawa di Kota Solok

Lurah Kampung Jawa Hendrizal, sangat mengapresiasi kegiatan ‘Jemput Bola’ (Jebol) administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok di Kelurahan Kampung Jawa, Rabu (28/09).

Dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan Jebol dilakukan dalam upaya melakukan percepatan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat yang melakukan pengurusan dengan sistem jemput bola ke kelurahan-kelurahan di Kota Solok.

Dalam kesempatan ini, Hendrizal mengungkapkan kegiatan yang dilakukan Disdukcapil Kota Solok sangat membantu masyarakat dalam mengurus semua dokumen yang dibutuhkan di atas bus pelayanan keliling seperti pencetakan KTP-el dan aktivasi KTP-el, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Bacaan Lainnya

“Hitungan langkah bagi masyarakat yang kekurangan bahan untuk memenuhi syarat dalam mengurus semua yang dibutuhkannya, hingga tidak terjadi pengurusan dokumen yang bolak-balik,” ujarnya.

Lanjut Hendrizal, walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum hengkang di negeri ini, setiap ASN dituntut tidak mengurangi pelayanan publik, harus mudah, cepat, baik, dan terukur serta berpacu dalam memberi kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan dengan selalu merujuk kepada protokol kesehatan (Prokes).

Terakhir Hendrizal mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil Kota Solok, yang telah memberi fasilitas pelayanan yang prima dan satu pintu kepada masyarakat Kampung Jawa.
Sebelumnya, kegiatan ini telah disosialisasikan oleh Kelurahan Kampung Jawa kepada warga masyarakat dengan cara mengirimkan informasi melalui media Whatsapp group RT/RW, Facebook Kelurahan Kampung Jawa, dan media lainnya.

Menanggapi inovasi pelayanan publik ini, Alex selaku Ketua RW 02 Kelurahan Kampung Jawa menyampaikan bahwa terobosan ini sangat membantu warga, banyak warga yang merasa tertolong, pengurusan dokumen yang cepat dan pelayanan yang ramah.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Jabriwarman, Kasi Kesra Kelurahan Kampung Jawa, melihat rasa puas yang disampaikan warga saat berbincang-bincang setelah mendapatkan dokumen yang mereka perlukan.

Kegiatan jemput bola dijadwalkan di Kelurahan Kampung Jawa selama empat hari (27-30 September 2021), pada pukul 09.00-15.00 WIB, pelayanan dilakukan di atas bus pelayanan keliling, bertempat di halaman Kantor Kelurahan Kampung Jawa.

(gra)

Pos terkait