Walikota Solok Hadiri Silaturrahim LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN Kota Solok

Walikota Solok Zul Elfian Umar menghadiri kegiatan Silaturrahim Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Bundo Kanduang dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kota Solok, di Masjid Lubuk Sikarah, Sabtu (10/4/2021).

Turut hadir, Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok Nurnisma, Forkopimda Kota Solok, Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Ketua KAN Kota Solok beserta seluruh pengurus.

Dalam sambutannya, Walikota Solok mengapresiasi dan mengucapkan selamat bersilaturrahim kepada seluruh pengurus LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN Kota Solok.
Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena akan memasuki bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

Bacaan Lainnya

“Menyambut bulan ramadhan, kita harus membersihkan diri, salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga silaturrahim,” kata Zul Elfian Umar.

Zul Elfian Umar juga mengatakan, peran dari LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN sangat diperlukan pemerintah dalam mewujudkan visi, menjadikan Kota Solok Kota yang diberkahi, maju dan sejahtera. Untuk membangun pemerintahan yang baik, kita harus menguatkan “Tali Tigo Sapilin”. Tali yang pertama yaitu niniak mamak, tali yang kedua alim ulama dan tali yang ketiga cadiak pandai.

“Sinergisitas antara Pemerintah Kota (Pemko) Solok dengan LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN harus tetap dipertahankan karena ketiga lembaga adat ini memiliki peran yang sangat besar, dan efektif dalam membangun Kota Solok menjadi lebih baik lagi,” sebutnya.

Apalagi, imbuhnya, saat ini krisis budaya telah mulai mengikis kelestarian adat budaya yang merusak generasi muda Minangkabau. Dunia telah dirasuki budaya merusak, yang menjangkiti anak muda kita. Pergaulan negatif sangat menyolok mata. Kita tidak mungkin menentang zaman, namun perubahan zaman itu seharusnya tidak menghilangkan jati diri adat dan budaya Minangkabau ditengah masyarakat.

Senada, Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra pada kesempatan itu mengatakan kegitan silaturrahim ini sangat penting. Artinya, apalagi dalam menyambut bulan suci ramadhan.

“Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini juga berdampak kepada masyarakat kita di Kota Solok. Untuk itu, saya mengajak semua untuk menyukseskan program nasional vaksinasi, guna meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ucap Ramadhani Kirana Putra.

Dijelaskannya, apabila niniak mamak dan bundo kanduang mendengar kabar yang kurang baik tentang vaksinasi, jangan mudah percaya. Karena vaksin sudah teruji dan terjamin keamanan dan halal.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma juga mengapresiasi LKAAM Kota Solok yang telah menyelenggarakan acara silaturrahim menyambut bulan suci ramadhan.

Dakam acara silaturrahim itu, Ketua DPRD Kota Solok meminta kepada LKAAM dan Bundo Kanduang, untuk mengingatkan dirinya jika ada kesalahan dalam bekerja, dan mengajak untuk bersama-sama membangun Kota Solok lebih baik kedepannya. (Syafri)

Pos terkait