Wawako Kukuhkan RT, RW dan Linmas se-Kelurahan Tanah Garam Kota Solok

Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra mengukuhkan, sekaligus menyerahkan Surat Keputusan (SK) RT, RW dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kulelurahan Tanah Garam periode 2021-2024, di Kantor Lurah Tanah Garam, Rabu (10/3/2021).

Turut hadir, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok Rusnaldi, Rusdi Saleh, Taufik Nizam, Lurah Tanah Garam Asril, Bintara Pembina Desa (Babibnsa) Tanah Garam, Bhayangkara Pembina dan Ketertiban Masyarakat (Babinkhamtibmas) Tanah Garam serta seluruh RT, RW dan Linmas se-Kelurahan Tanah Garam.

Dalam acara pengukuhan Linmas se-Kelurahan Tanah Garam itu, Wawako Solok mengucapkan terima kasih pada Lurah Tanah Garam beserta jajaran yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Forum seperti ini wajib kita pertahankan sebagai upaya menyambung “Ukhuwah Islamiyah”, sekaligus wadah untuk bertukar pikiran dan berdiskusi dalam menjadikan Kota Solok, Kota Beras Serambi Madinah menjadi lebih baik lagi.

Bacaan Lainnya

“Bapak dan Ibu yang hadir pada hari ini adalah orang-orang yang berperan penting di tengah masyarakat. Seluruh unsur yang ada di kelurahan merupakan simpul-simpul masyarakat dan mitra utama bagi pemerintah,” kata Ramadhani Kirana Putra.

Menurutnya, tanpa kerja keras bapak, ibu semua di bidangnya masing-masing, tentulah penyelenggaraan pemerintahan tidak dapat berjalan dengan lancar.

“Tentulah pekerjaan kami sebagai pimpinan daerah tidak terselesaikan dengan baik. Kami bangga dengan bapak/ibu semua, terutama yang dari tahun lalu telah bersinergi dengan pemerintah, dan selalu siap siaga membantu kinerja Tim Gugus Tugas Covid-19,” sebutnya.

Ramadhani Kirana Putra juga berharap pada Babinsa, Bhabinkantibmas dan rekan-rekan Linmas yang bertugas di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan, dengan dibantu oleh RT/RW setempat agar selalu mendata pendatang baru dan memantau kegiatan perkumpulan, yang disinyalir dapat mengganggu ketertiban masyarakat.

“Seluruh rangkaian tugas bapak dan ibu semua tentu saja tidak lepas dari pantauan para niniak mamak dan bundo kanduang kita. Beliau-beliau lah yang kita harapkan mampu mengingatkan, apabila langkah kita dalam melaksanakan tugas melenceng dari norma adat istiadat, dan tidak sesuai dengan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wawako Solok mengajak seluruh unsur yang hadir pada acara pengukuhan untuk dapat menatap masa depan yang lebih cerah. Jangan sikut menyikut, jadikan masa lalu adalah masa lalu. Jangan terpaku kepada hal lalu, tunjukkan kebersamaan kita dalam membangun kota kita.

“Kita tunjukkan kecintaan kita kepada kota dengan menjaga, dan memelihara serta menata kota kita secara bersama sama,” tutupnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Solok Rusnaldi, mengapresiasi kepada Lurah Tanah Garam yang pertama kalinya melakukan kegiatan pengukuhan dan penyerahan SK RT, RW dan Linmas.

“Ini pertama kalinya di Kota Solok, bahkan di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Semoga kedepannya agenda ini selalu dilakukan dan dapat ditiru oleh kelurahan-kelurahan lainnya,” sebut Rusnaldi.

Senada, Anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh juga mengucapkan selamat kepada RT, RW yang baru terpilih, dan ucapan terima kasih kepada RT, RW yang telah pensiun.

“Semoga pekerjaan selama ini menjadi amal shaleh. RT, RW adalah panglimanya Wako-Wawako di lingkup terdekat dengan masyarakat. Kita telah bersama-sama berkomitmen membangun Tanah garam. Apa yang telah kita rumuskan dan rencanakan, merupakan tanggung jawab kita untuk melaksanakannya,” ajak Rusdi Saleh. (Syafri)

Pos terkait