Walikota Solok Dilantik Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok

98

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit, secara resmi melantik Walikota Solok Zul Elfian Umar sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Solok, di Gedung Kubung Tigo Baleh, Kamis (8/4/2021).

Selanjutnya, Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok juga melantik Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok dan Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok.

Turut hadir dalam acara pelantikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua LKAAM, KAN, Bundo Kanduang, dan Kepala OPD terkait.

Dalam sambutannya, Walikota Solok mengucapkan selamat atas dilantiknya Ketua dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok masa bakti 2021-2026. Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru ini, Gerakan Pramuka di Kota Solok lebih meningkat lagi dalam mencetak generasi muda sebagai tunas bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab, dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif dan ikut serta dalam pembangunan nasional.

“Gerakan Pramuka adalah wadah untuk mendidik dan membina generasi muda, agar mereka menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi,” sebut Zul Elfian Umar.

Untuk menyelenggarakan misinya, dilanjutkan Zul Elfian Umar, Gerakan Pramuka memerlukan bimbingan, dukungan dan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat. Untuk itu pada masing-masing tingkat Kwartir dan tingkat Gugus Depan (Gudep) dan Saka, dibentuk suatu majelis yang memberikan bimbingan dan bantuan, yang dinamakan Majelis Pembimbing (Mabi).

Kepada Kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok yang telah dilantik, Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab juga berpesan agar menjalankan tugas-tugas yang diemban dengan keikhlasan dan kerja keras. Jangan pernah jenuh dalam melakukan pembinaan dan bimbingan, baik secara moril dan materil demi membentuk kaum muda yang bukan hanya cerdas menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

“Pramuka yang keren, asyik gembira dan menyenangkan perlu terus dikembangkan agar kaum muda Kota Solok semakin bangga, dan semangat menjadi bagian dari pramuka,” katanya.

Pada kesempatan itu, Walikota Solok juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Pembina, Pelatih dan Andalan serta seluruh jajaran Gerakan Pramuka dari tingkat Gudep hingga Kwarcab yang telah bekerja keras membina, melatih dan mengembangkan Gerakan Pramuka.

“Semoga pengabdian, keikhlasan dan kerja keras saudara-saudara menjadi amal soleh dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, Aamiin yaa rabbal aalamiin,” tutupnya. (Syafri)

loading...