Wabub Rudi Hariansyah; Kepala OPD Agar Proaktif Dalam Forum Perangkat Daerah

24

Pesisir Selatan | Topsumbar – Keberadaan Forum Perangkat Daerah (FPD) sangat penting dan strategis dalam rangka menindaklanjuti hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang, mulai dari tingkat nagari, kecamatan dan kabupaten.

“Terkait hal itu, diminta setiap kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan selalu aktif pada forum tersebut,” pinta Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, Jumat (3/6) di Painan.

Dikatakan, melalui FPD itu ditetapkan program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan. Namun, rencana program dan kegiatan yang dhasilkan dalam forum Musrenbang itu harus mengacu pada skala prioritas yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kabupaten,” ucapnya.

Sementara itu terkait dengan Musrenbang yang dilakukan secara berjenjang di Kabupaten Pesisir Selatan, Wabup Rudi Hariansyah berharap agar forum Musrenbang ini dapat menghasilkan program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif atau kebutuhan masyarakat.

Wabup menegaskan, proses musyawarah pembangunan yang partisipatif seharusnya memberikan keleluasaan kepada masyarakat di tingkat bawah untuk mengusulkan berbagai kebutuhannya.

“Jadi jika ada masyarakat menolak suatu proyek yang ada di daerahnya, itu pertanda bahwa kegiatan tersebut bisa jadi bukan atas usulan masyarakat setempat. Makanya, Musrenbang dilaksanakan lebih aspiratif,”jelasnya.

Lebih lanjut, Wabub Rudi Hariansyah, meminta semua pihak mengawal aspirasi yang sudah disampaikan dan sudah menjadi skala prioritas, sehingga nanti tidak ada program atau kegiatan yang mendadak muncul.

“Kedepan, jangan sampai ada program atau kegiatan yang muncul tiba-tiba tanpa ada usulan sebelumnya,” jelasnya.

Dikatakan, Musrenbang sebagai forum musyawarah dilaksanakan secara demoktaris, dimana seluruh perangkat daerah menjadi pendamping selama kegiatan berlangsung.

“Kepala OPD mestinya memanfaatkan forum Musrenbang ini untuk menyampaikan ide dan gagasannya atau ekspos kegiatan/program pada tahun berjalan dan tahun depan,” ungkapnya.

(RD)

loading...