10 Orang Hilang Akibat Longsor di Langgai Sumatera Barat

10 Orang Hilang Akibat Longsor di Langgai Sumatera Barat. (Foto : Dok. Istimewa)
10 Orang Hilang Akibat Longsor di Langgai Sumatera Barat. (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Hujan deras yang melanda kawasan Langgai, Surantiah, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, pada Jumat, 8 Maret 2024, telah menyebabkan terjadinya longsor.

Akibat peristiwa tersebut, 10 orang dilaporkan hilang tertimbun dan beberapa rumah mengalami kerusakan serius.

Doni Gusrizal, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pessel, menjelaskan bahwa longsor terjadi pada Kamis, 7 Maret 2024, sekitar pukul 23.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Diperkirakan sepuluh orang masih tertimbun akibat longsor dan upaya pencarian masih terus dilakukan,” ungkap Doni kepada Top Sumbar.

Dari kesepuluh orang yang tertimbun, dua di antaranya telah berhasil dievakuasi dalam keadaan tidak bernyawa.

“Selain menelan korban jiwa, longsor juga mengakibatkan kerusakan parah pada satu masjid dan empat belas rumah warga di kawasan tersebut,” tambahnya.

Doni juga menyoroti bahwa data tersebut masih sementara dan dampak bencana tersebut telah meluas ke seluruh Pesisir Selatan, terutama di Langgai, karena adanya sungai besar dan topografi wilayah tersebut yang rentan terhadap longsor.

Hingga saat ini, Tim SAR gabungan masih berupaya mencapai lokasi kejadian yang aksesnya masih terhambat oleh reruntuhan longsor.

“Kami menghadapi berbagai kendala dalam perjalanan menuju lokasi, termasuk akses yang terputus dan terganggunya jaringan komunikasi,” pungkasnya.

(Fiyu)

Pos terkait