BNPB RI melalui Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni Serahkan Bantuan untuk Bencana di Pesisir Selatan

BNPB RI melalui Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni Serahkan Bantuan untuk Bencana di Pesisir Selatan

TOPSUMBAR – BNPB RI melalui Lisda Hendrajoni, anggota DPR RI menyerahkan bantuan kepada Kabupaten Pesisir Selatan yang terkena dampak banjir dan longsor beberapa waktu lalu.

Bantuan tersebut diterima secara langsung oleh Kalaksa BPBD Pesisir Selatan di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat.

Penyerahan tersebut berlangsung saat mengikuti rapat koordinasi tanggap darurat bencana pada Senin, 11 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

“Saya berterimakasih kepada Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto yang telah merespon kami dalam memberikan bantuan di Sumbar khususnya di Pesisir Selatan. Terima kasih juga karena beliau telah melakukan peninjauan di beberapa titik lokasi bencana di Pesisir Selatan,” ungkap Lisda.

Bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp 350 juta dan 2 unit Mobil Dapur Umum serta Logistik telah di terima untuk Pesisir Selatan.

Letjen TNI Suharyanto, Kepala BNPB RI turut hadir dalam rakor tersebut. Menurutnya, penanganan bencana alam harus segera dilakukan dengan cepat dan tanggap. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir kemungkinan bertambahnya jumlah korban bencana serta mengurangi beban masyarakat.

“Ibu Lisda telah menghubungi saya pada Jumat pagi, ia menyebut bahwa masyarakat Pesisir Selatan banyak yang kelaparan akibat bencana yang terjadi. Sampai pada hari keempat pasca bencana, saya masih mendengar bahwasanya masyarakat masih ada yang belum makan. Ini harus menjadi perhatian, jangan sampai masyarakat kita kelaparan, oleh karena itulah diperlukan kehadiran pemerintah,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Barat turut berterimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Kepala BNPB RI tersebut.

Mahyeldi mengatakan bahwa terdapat 12 Kabupaten dan Kota di Sumbar tekena dampak bencana, namun 5 diantaranya kategori tanggap darurat.

“Berdasarkan laporan dan peninjauan kami di lapangan, terdapat 5 Kabupaten/Kota yang paling parah, sehingga tergolong tanggap darurat. Kita sampaikan pesan kepada masing-masing daerah agar penyaluran bantuan tersebut dapat optimal. Khususnya pada daerah yang tergolong tanggap darurat,” tegasnya.

Selain Pesisir Selatan, bantuan juga diberikan kepada Kota Padang, Pasaman Barat, masing-masing sebanyak Rp 250 juta.

Kemudian Kabupaten Mentawai dan Pasaman Barat masing-masing mendapat Rp 150 juta. Polres Pesisir Selatan dan Kodim 0311/Pessel juga mendapat bantuan masing-masing sebanyak Rp 100 juta.

Total bantuan DSP yang diberikan BNPB RI untuk Sumatera barat secara keseluruhan sebanyak Rp 1,7 Miliar.

(RE)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait