Pemkab Dharmasraya Utus Kontingen Jambore Pramuka ke Tingkat Nasional

128

Dharmasraya | Topsumbar – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya kembali mengirim Kontingen Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Nasional Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur pada Bulan Agustus 2022.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Budparpora menggelar Rapat Persiapan Keberangkatan Kontingen Kwarcab 18 untuk event Jambore Nasional yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, pada tanggal 12 sampai 22 Agustus 2022 nanti, di Aula lantai dua Kantor Bupati, Senin (20/06/2022) diikuti oleh seluruh peserta putra dan putri, orang tua peserta, para kepala sekolah selaku ketua gugus depan dari peserta yang terpilih dan para pembina pramuka.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ka Kwarcab 18 Dharmasraya yang diwakili Sekretaris Umum Kwarcab 18, Hendri Yamtiko Jati, S. Pd, dan Drs. Sutadi selaku Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, serta Kepala Dinas Budparpora Sutan Muhammad Taufik.

Dalam rapat tersebut Sekretaris Umum Kwarcab 18 Hendri Yamtiko Jati, S. Pd, mengatakan rapat persiapan tersebut merupakan lanjutan setelah dilaksanakan seleksi peserta yang akan dikirim nanti.

“Kegiatan ini sebagai persiapan lanjutan setelah terlaksananya seleksi serta terpilihnya 8 Pramuka Penggalang Putra dan 8 Pramuka Penggalang Putri sebagai utusan Kwarcab 18 Kabupaten Dharmasraya,” ucapnya.

Dirinya juga mengucapkan selamat dan sukses kepada adik-adik penggalang calon peserta Jamnas karena kesempatan itu hanya ada lima tahun sekali. Sebelum berangkat peserta akan mengikuti training center guna menyamakan berbagai scouting skill maupun hal lainnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua anggota pramuka terpilih yang telah memberi dukungan moril dan material sehingga dapat mengikuti event penting di tingkat nasional. Terima kasih juga saya ucapkan kepada kakak pembina yang setia membimbing anak-anak pramuka hingga sampai ke ajang nasional,” imbuhnya lagi.

Terpisah Jambore Nasional XI tahun 2022 merupakan amanah hasil Munas 2018, yang akan diikuti oleh Pramuka Penggalang dari 514 Kabupaten/Kota se Indonesia, Pramuka berkebutuhan khusus, Pramuka Penggalang Kedutaan Besar Indonesia di Luar Negeri, Gugus Depan Pramuka Luar Negeri dan Gugus Depan Pramuka Luar Negeri yang memiliki Pangkalan di Indonesia.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso mengajak Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia selaku Ketua dan Wakil Ketua Majeslis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka untuk ikut berkemah paling tidak satu malam di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur.

“Kami memohon nantinya Bapak Presiden berkenan untuk berkemah satu malam di area Buperta Cibubur dan berdialog dengan adik-adik perwakilan pramuka seluruh Indonesia,” kata Kak Budi Waseso pada acara audiensi virtual pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka dengan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kak Budi Waseso juga menyampaikan harapan agar seperti yang menjadi tradisi selama ini, Presiden Joko Widodo membuka dan Wapres Ma’ruf Amin menutup secara resmi Jamnas XI yang diselenggarakan 14 – 21 Agustus 2022. Pembukaan Jamnas yang diadakan pada 14 Agustus 2022 sekaligus memperingati Hari Pramuka ke-61.

(Yanti)

loading...