Kisah Pendidikan di SMA 1 Sembilan Koto, Syafrudin Putra Dt Sunggono Berikan Motivasi

683

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Syafrudin Putra Dt Sunggono menjemput aspirasi sekaligus memberikan motivasi pada seluruh wali murid di SMA 1 Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Putra asli Ranah Cati Nan Tigo ini menularkan semangat muda nya meski di segi usia tak muda lagi, dalam presentasinya, dirinya mengalirkan semangat muda memperjuangkan masyarakat dan mengajak seluruh unsur untuk ikut mengawasi pemerintahan di daerah tersebut.

Kunjungan Syafruddin Putra Dt Sunggono ke SMA 1 Sembilan Koto yang berada di Nagari Silago itu didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar diwakili Cabang Wilayah Lima yakni Didi Arpeni. Dt Sunggono nampak bersemangat memotivasi seluruh wali murid yang hadir di acara serah terima jabatan Kepala SMA 1 Sembilan Koto, Kamis (20/01/2022) lalu.

Dari pantauan Topsumbar di lapangan, Syafruddin Putra Dt Sunggono terus menyemangati para siswa untuk tetap bersekolah walaupun dengan kurangnya sarana dan prasarana dan harus menempuh jarak yang begitu jauh untuk sampai ke sekolah. Ia juga meminta para wali murid agar tetap memberikan support pada anak-anak yang bersekolah saat ini.

“Melihat sendiri kondisi saat ini, saya meminta wali murid yang hadir untuk terus menyemangati anak-anak kita supaya semangat bersekolah, jangan putus sekolah, beri anak kita pemahaman penting nya ilmu pengetahuan untuk masa depan yang cerah, supaya terciptanya sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi dimasa depan,” ucap Dt Sunggono.

Dengan sarana dan prasarana di Sekolah saat ini masih belum maksimal serta jarak tempuh yang harus dilalui setiap hari, jangan sampai menjadikan mereka patah semangat untuk menimba ilmu. hal tersebut tidak luput dari peran kita bersama, yakni peran orang tua, para guru memberikan semangat, imbau Syafruddin Putra Dt Sunggono.

Dibangku SMA usia remaja proses belajar mengajar di sekolah tidak semudah TK atau Sekolah Dasar, disini perlu kesabaran tinggi, diharapkan guru dan orang tua untuk saling bekerjasama mengawasi anak-anak baik di lingkungan sekolah maupun di rumah, imbuhnya lagi.

Selain memotivasi wali murid, Syafruddin Putra Dt Sunggono juga menginstruksikan kepala sekolah untuk merangkum data guru yang belum mempunyai sertifikat pendidik, guna memberikan jaminan profesionalisme dalam mengajar, juga memberikan dampak positif dari sisi finansial yakni tunjangan sertifikasi supaya bisa secepatnya diproses di Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar.

Kepala SMAN 1 Sembilan Koto Sumarmo, S.pd yang menggantikan Tisnawati, M.Pd saat dikonfirmasi Topsumbar mengatakan, dengan tugas dan tempat yang baru, tentu semangat juga baru, karena melihat semangat para wali murid dan para guru di SMA 1 Sembilan Koto saling bersinergi mendukung setiap program di sekolah.

“Saya benar-benar merasa semangat kembali melihat antusiasme para wali murid yang datang untuk goro bersama membersihkan semak belukar di belakang pekarangan Sekolah yang mana berpotensi menimbulkan bahaya karena banyak sarang penyengat dan sarang ular,” ungkap Sumarmo.

Dirinya kembali menambahkan, di acara serah terima jabatan kepala sekolah pun juga ramai sekali, bahkan kehadiran salah seorang Anggota DPRD Provinsi yang berkunjung membuat mereka senang, walaupun tinggal di daerah terluar tapi merasa diperhatikan, sambung Kepsek.

Sumarmo juga menceritakan, untuk sampai di SMA 1 Sembilan Koto harus menempuh perjalanan kurang lebih 85 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari Jorong 4 Blok D Nagari Sialang Gaung Kecamatan Koto Baru.

Untuk akses jalan menuju sekolah tempat Sumarmo mengabdikan diri tidaklah mulus, ada jalan berlumpur yang harus dilalui untuk sampai ke lokasi sekolah, jika musim hujan jalan tersebut menjadi salah satu kendala yang membuat para guru dan anak didik cukup mengeluh, belum lagi lapangan sekolah yang menjadi lokasi untuk upacara bendera juga sama.

“Saya berharap Pemerintah Provinsi Sumbar dan Dewan di Provinsi Bapak Syafruddin Putra Dt Sunggono yang telah melihat langsung kondisi kami penuh perjuangan, namun tidak menyurutkan semangat kami untuk tetap melaksanakan proses belajar mengajar, semoga apa yang menjadi kendala dan keluhan kami disini bisa secepatnya teratasi,” harap Kepela SMA 1 Sembilan Koto.

Sebelumnya Syahfrudin Putra Dt Sunggono telah menyalurkan bantuan melalui pokok pikiranya tahun 2021 untuk Kabupaten Dharmasraya, yakni;
1.Paket WRSE (wanita rawan sosial ekonomi)
2.Alsintan (mesin bajak 15 unit)
3.Pemasangan listrik rumah tangga miskin
4.Bantuan bibit tanaman pekarangan (durian, manggis, dan tanaman lain)
5.Bantuan pembangunan Masjid dan Musala
6.Bantuan unggas (ayam dan pakan untuk KWT)
7.Bantuan 36 ekor sapi untuk kelompok tani.
8.Bantuan becak motor sebanyak 5 unit.

Sementara untuk bidang pendidikan dirinya berjanji akan mengupayakan pada anggaran berikutnya.

(Yanti)

loading...