Bertindak sebagai Irup Hardiknas di Solok Selatan, Novirman Ajak Generasi Muda Tingkatkan Ilmu Pendidikan

Bertindak sebagai Irup Hardiknas di Solok Selatan, Novirman Ajak Generasi Muda Tingkatkan Ilmu Pendidikan

TOPSUMBAR – Staf ahli Bupati Solok Selatan Bidang Kemasyarakatan dan SDM Dr. H. Novirman, SKM., MM sukses menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2024 di Solok Selatan.

Dalam upacara yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut, Novirman membacakan pidato menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Usai pelaksanaan upacara Novirman menceritakan sejarah singkat ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai hari pendidikan Nasional.

Bacaan Lainnya

“Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional diambil dari tanggal lahir Bapak pendidikan Nasional kita Ki Hajar Dewantoro. Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959,” kata Novirman.

“Dari sejarah yang kita baca, beliau Ki hajar Dewantoro dimasa penjajahan sangat aktif dalam pergerakan dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Mengingat hal itu, sudah sewajarnya kita terutama generasi muda untuk terus menambah ilmu melalui pendidikan guna memajukan bangsa untuk mewujudkan Indonesia emas 2045,” katanya.

Untuk Solok Selatan katanya, pemerintah sudah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan baik tenaga pendidik maupun sarana prasarana pendidikan itu sendiri.

“Termasuk tahun ini adalah tahun ke empat pemberian seragam gratis untuk peserta didik SD dan SMP se Solok Selatan,” tambahnya.

“Solok Selatan juga memakai kurikulum merdeka belajar dengan guru penggerak dan bersertifikasi mencapai 98 persen. Sehingga kualitas pendidikan sudah jauh lebih baik dan sejajar dengan kabupaten/kota se-Sumatera Barat,” pungkasnya.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait