Kepala DPMN Kabupaten Pasaman Barat Lakukan Panen Raya Jagung di Kecamatan Sungai Aur

Kepala DPMN Kabupaten Pasaman Barat Lakukan Panen Raya Jagung di Kecamatan Sungai Aur (dok.nagarisungaiaur)

TOPSUMBAR – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Defi Irawan, melakukan panen raya jagung bersama petani dan unsur Forkopimca dalam wilayah Kecamatan Sungai Aur, Sabtu (4/5/2024).

Turut hadir pada kegiatan panen tersebut antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Defi Irawan, Tenaga Ahli P3MD Yusriani. ST dan Yozi Angelia Camat dan Wali Nagari Sungai Aur, Zenni, serta Kepala Jorong Serasah Betung Ahmad Yazi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Defi Irawan, mengatakan bahwa program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kelompok Tani Mandjoja di Jorong Serasah Betung ini telah berhasil memanfaatkan dana desa untuk menanam jagung.

Bacaan Lainnya

“Dana Desa telah berhasil dimanfaatkan untuk program ketahanan pangan berupa tanaman jagung, Alhamdulillah hari ini kita panen,” katanya.

Ia mengatakan pemerintah telah memberikan alokasi Dana Desa untuk program ketahanan pangan sebesar 20%.

“Kita berharap masyarakat dapat berinovasi melahirkan program yang bermanfaat,” harap Defi.

Selain itu, ia pun berharap agar penyaluran DD 20% melalui ketahanan pangan tersebut, masyarakat mampu mengembangkan dan menjaga ketersediaan pangan, minimal dalam keluarga sudah tercukupi melalui cadangan makanan, keberagaman konsumsi pangan. “Hal ini sesuai dengan amanat 4 pilar ketahanan pangan,” terangnya.

Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Nagari Pasaman Barat bersama Tenaga Ahli P3MD akan terus memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam mengelola dana desa. Supaya lebih tepat sasaran dan tepat guna demi kesejahteraan masyarakat setempat.

Wali Nagari Sungai Aur, Zenni mengatakan, puji syukur kepada Allah SWT dan bangga atas kerja Kelompok Tani Mandjoja di Jorong Serasah Betung, yang sudah bekerja keras untuk melakukan program Ketahanan Pangan Desa melalui DD-Tahun 2023, dengan menanam jagung hingga menghasilkan panen raya.

“Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, atas keberhasilan kita panen raya jagung dan juga kami berterima kasih kepada Pihak DPMN Pasbar, Kecamatan, Tenaga Ahli P3MD Pasbar, Kepala Jorong yang sudah mendukung dan mensupport program ketahanan pangan di Jorong Serasah Betung,” ujarnya

Lanjut dia lagi, hasil panen ini kita akan berikan kepada warga yang kurang mampu sebagai wujud dari Program ketahanan pangan Jorong Serasah Betung dan sekaligus untuk membantu warga yang ekonomi lemah,” jelasnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait