Harga TBS Kelapa Sawit Tetap Stabil di PT PMS, Dukungan Terhadap Kesejahteraan Petani

Harga TBS Kelapa Sawit Tetap Stabil di PT PMS, Dukungan Terhadap Kesejahteraan Petani. Dok. Bisri Batubara

TOPSUMBAR – Harga pembelian Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di PT Pasaman Marama Sejahtera (PMS) di Jorong Simpang Gadang, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (4/5/2024), yakni Rp 2.445 per kilogram.

Informasi harga TBS tingkat pabrik kelapa sawit atau PKS ini diperoleh diperoleh langsung dari Manager PKS PT PMS, Rudi Karsanov saat ditemui di ruang kerjanya, hari ini.

“Harga TBS atau kerap disebut harga kaca PKS itu sekarang Rp. 2.445 per kilogramnya. Terkait di tingkat petani, kita kurang tau, karena itu dilakukan oleh pengepul atau toke,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Biasanya kata Rudi, pengepul atau toke sawit itu membeli ke petani dengan mempertimbangkan biaya operasional mereka. Sehingga, harga itu bisa saja turun Rp. 300/ per kilogramnya bisa juga di atasnya. Tapi yang jelas, kita membuat harga itu sesuai ketentuan dan berlaku untuk siapa saja.

“Kita menerima tbs darimana saja, asal bukan barang ilegal atau berasal dari kawasan hutan. Terkait harga bisa berubah-ubah setiap harinya. Kadang bisa naik bisa juga turun,” jelasnya.

Di sisi lain dikatakannya, dalam penerimaan tbs dari masyarakat juga melalui proses sortasi dilokasi pabrik. Karena, pihak PT juga tidak mau membeli tbs yang sembarangan, seperti buah mentah dan buah busuk.

“Kita membeli tbs itu sesuai prosedur dengan tidak menurunkan harga. Hanya saja, kita lakukan penyortiran didalam pabrik saat pembongkaran. Kita akan keluarkan buah yang mentah dan buah busuk. Karena, buah seperti itu tidak menghasilkan Cruit Palm Oil (CPO) yang sesuai rendemen,” tandasnya.

Dari itulah kata Rudi, kita selalu mengedepankan harga beli ke masyarakat. Tujuannya, selain untuk memperbaiki jenis buah juga untuk mengajak petani agar tidak memanen yang tidak sempurna.

“Kita ingin, petani itu sejahtera dari hasil kelapa sawit mereka. Utamakan mutu sehingga harga stabil,” ajaknya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait