Tingkatkan Kewaspadaan Keamanan Pangan, Pemko Bukittinggi Tandatangani Pronas Keamanan Pangan Terpadu

Tingkatkan Kewaspadaan Keamanan Pangan, Pemko Bukittinggi Tandatangani Pronas Keamanan Pangan Terpadu

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Martias Wanto tandatangani Program Prioritas Nasional (Pronas) Keamanan Pangan Terintegrasi.

Penandatanganan tersebut berlangsung di Hotel Santika pada Kamis, 18 April 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Payakumbuh.

Wali Kota Bukittinggi melalui Sekda, Martias Wanto mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan keamanan pangan di masyarakat dan sekolah.

Bacaan Lainnya

“Dukungan terhadap program ini sangat penting, sehingga masyarakat dan sekolah-sekolah dapat menerapkan pengawasan terhadap keamanan pangan,” ujarnya.

Kepala BPOM Kota Payakumbuh, Iswandi merincikan bahwasanya program tersebut akan diterapkan di Bukittinggi seperti, Desa Pangan Aman di Kelurahan Pakan Kurai.

Kemudian, Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, serta Pasar Pangan Aman yang berbasis Komunitas yang berada di Pasar Bawah.

“Setelah melakukan audiensi dengan OPD terkait pada 13 Maret 2024 yang lalu, maka terpilih beberapa target yang ada di Kota Bukittinggi. Target tersebut yakni, Desa Pangan Aman terpilih di Kelurahan Pakan Kurai. Kemudian Sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman yakni SDN 02 Percontohan, SDN 04 Birugo, SDN 07 Belakang Balok,” ujarnya.

“Lalu, MIN Bukittinggi, SMPN 4 Bukittinggi, dan SMKN 2 Bukittinggi. Sedangkan untuk Pasar Pangan Aman berbasis Komunitas, yakni Pasar Bawah Bukittinggi,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan komitmen antara Sekda Bukittinggi bersama Para Kepala Sekolah SKPD, OPD, serta stakeholder terkait lainnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait