Simulasi Gempa dan Tsunami di Kota Padang, Warga dan Siswa Sekolah Berlarian ke Zona Aman Tsunami

Warga dan Siswa Sekolah Berlarian ke Zona Aman Tsunami saat ikuti Simulasi Gempa dan Tsunami di Kota Padang

TOPSUMBAR – Sejumlah warga dan siswa sekolah berhamburan ketika mendengar sirine peringatan tsunami di Kota Padang pada Jumat, 26 April 2024. Suara sirine menggema, memicu reaksi cepat dari semua pihak untuk menyelamatkan diri.

Di SMPN 1 Padang yang terletak di Jalan Sudirman, siswa-siswa bergerak menuju Tsunami Safe Zone (TSZ) di Sawahan.

Meskipun jaraknya tidak begitu jauh, sekitar setengah kilometer, namun mereka berjalan cepat. Sirine tsunami dan peringatan gempa membuat mereka harus segera sampai di zona aman.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah titik amannya. Semoga tidak terjadi tsunami,” ucap Yosi, seorang siswa yang mengikuti kegiatan simulasi gempa dan tsunami dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) di Padang.

Kemudian sekitar pukul 10.00 WIB, sirine gempa dan peringatan tsunami dibunyikan secara serentak di Kota Padang.

Hal ini dalam rangka untuk mengevaluasi sejauh mana mitigasi yang telah dilakukan, termasuk mengecek alat Early Warning System (EWS) yang ada.

Tidak hanya di SMPN 1 Padang, kondisi serupa juga terjadi di Pasar Alai. Sejumlah warga berlarian menuju TSZ di Ampang setelah mendengar sirine peringatan.

“Semoga simulasi ini dapat membiasakan kita untuk selalu waspada ketika terjadi bencana gempa dan tsunami yang sebenarnya nanti,” ujar Yos, seorang warga setempat.

Berbagai pihak terlibat dan menjadi penanggung jawab di setiap lokasi, termasuk tenaga kesehatan, mobil Ambulans, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang, serta unsur terkait lainnya dalam memberikan pertolongan.

“Kita mendorong Keselamatan dan Keamanan Sekolah (KSB) serta mengajak masyarakat untuk selalu waspada ketika terjadi bencana. Pemerintah Kota Padang tetap konsisten dalam memberikan edukasi tentang simulasi bencana yang tidak pernah tahu kapan terjadi. Ini merupakan pengetahuan dan pengalaman awal bagi peserta didik untuk menghadapi gempa serta memberikan bekal awal untuk menyelamatkan diri,” ucap Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait