Jangan Kaget! Besok Sirine Tsunami akan Dibunyikan di Kota Padang

Jangan Kaget! Besok Sirine Tsunami akan Dibunyikan di Kota Padang

TOPSUMBAR – Kota Padang merupakan tuan rumah pelaksana kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 yang akan digelar pada Jumat, 26 April 2024.

Dalam rangka memastikan kesiapsiagaan bencana, Wali Kota Padang, Hendri Septa, mengumumkan bahwa sirine akan dibunyikan pada pagi hari tersebut.

“Di peringatan HKBN nanti kita juga memastikan shelter, sirine, dan lainnya berfungsi dengan baik,” ujar Hendri Septa pada Kamis, 25 April 2024.

Bacaan Lainnya

Nantinya, sirine akan dibunyikan pada Jumat pagi secara serentak pukul 10.00 WIB. Warga diimbau untuk tidak kaget menghadapi bunyi sirine tersebut.

Kepala BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, menjelaskan bahwa pada pagi esok sirine akan dibunyikan di beberapa titik. Masyarakat diharapkan memahami hal ini dan mengikuti simulasi kesiapsiagaan bencana gempa dan tsunami.

“Masyarakat diarahkan ke tempat evakuasi sementara, seperti di SMPN 25, SMPN 7, SMAN 1, serta ke save zone di Sawahan dan Pasar Alai,” terangnya.

Kegiatan HKBN 2024 akan dipusatkan di Gedung Youth Center, Padang.

Selain itu, Kota Padang juga akan memperkenalkan Blue Line Tsunami Safe Zone (zona aman tsunami).
Kemudian, juga akan menggelar kegiatan lain seperti workshop dengan masyarakat pesisir, pelatihan dengan BPBD dan pemadam kebakaran, serta pertunjukan musik juga akan dilakukan.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait