Pemko Padang Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045, Menuju Kota Maju, Berbudaya, dan Berkelanjutan

Pemko Padang Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045, Menuju Kota Maju, Berbudaya, dan Berkelanjutan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Padang telah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang untuk tahun 2025-2045.

Musrenbang tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa di ZHM Premiere Hotel Padang pada Selasa, 23 April 2024.

Hendri Septa bersama Wakil Wali Kota Padang, Ekos Akbar, telah menetapkan visi pembangunan Kota Padang untuk dua puluh tahun kedepan

Bacaan Lainnya

Visi yang telah ditetapkan tersebut ialah, “Kota Padang Maju, Berbudaya, dan Berkelanjutan Menuju Kota Jasa Terkemuka”.

Menurut Hendri Septa, visi tersebut menunjukkan adanya aspirasi Kota Padang untuk tumbuh dan berkembang secara holistik.

Selain itu, akan menggabungkan kemajuan ekonomi dengan pelestarian budaya dan ketahanan lingkungan.

“Pada Musrenbang kali ini, kita memfokuskan pada keseimbangan pertumbuhan serta keberlanjutan. Semoga kota Padang dapat menjadi pusat layanan yang unggul, menjunjung tinggi nilai-nilai dalam negeri. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas hidup penduduknya,” ujarnya.

Salah satu titik fokus pada pembangunan Kota Padang untuk dua puluh tahun kedepan yakni pada pengembangan infrastruktur yang memadai.

Menurutnya, pengembangan infrastruktur tersebut akan berfokus pada pembangunan jalan lingkar luar Kota Padang, perbaikan drainase, dan pelebaran trotoar.

“Diperlukan perubahan secara menyeluruh, terutama dari segi infrastruktur yang ada di Kota Padang ini, karena seiring berjalannya waktu, pertumbuhan masyarakat kita ini begitu pesat. Sedangkan ruang pembangunan di Kota Padang akan semakin sempit. Inilah yang perlu kita pikirkan secara bersama untuk generasi muda kita, serta demi Kota Padang,” tambahnya.

Yenni Yuliza, selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, berharap hasil dari Musrenbang tersebut dapat memberikan masukan kepada penyempurnaan rancangan RPJPD menjadi rancangan akhir RPJPD Kota Padang 2025-2045.

“Peserta yang mengikuti Musrenbang pada hari ini terdiri dari berbagai perangkat daerah di Kota padang, yakni pimpinan DPRD Kota Padang, Forkopimda, serta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Padang, dan para pemangku kepentingan lainnya. Kemudian yang bertindak sebagai narasumber musrenbang kali ini adalah Kepala Bappeda Sumbar, Akademisi, serta dari Dinas PUPR Kota Padang,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap, Wakil Ketua DPRD, Amril Amin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Didi Aryadi, unsur Forkopimda, dan stakeholder terkait.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait