Sebanyak 154 PPKS di Lima Puluh Kota Terima Bantuan Atensi dari Kemensos RI

Sebanyak 154 PPKS di Lima Puluh Kota Terima Bantuan Atensi dari Kemensos RI

TOPSUMBAR – Sebanyak 154 masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota yang tergolong Penerima Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menerima bantuan Atensi dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Abiseka Pekanbaru.

Penyerahan bantuan dilakukan pada Minggu, 21 April 2024 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Lima Puluh Kota, Labuah Basilang.

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kemensos RI yang telah menyalurkan bantuan Atensi melalui Sentra Abiseka Pekanbaru.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Sentra Abiseka Pekanbaru atas kepeduliannya terhadap masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota yang bertujuan untuk memberikan perhatian dan meringankan beban saudara kita, khususnya yang membutuhkan pelayanan kesejahteraan sosial,” ujar Safaruddin.

Menurutnya, kegiatan penyaluran bantuan sosial kepada yang membutuhkan merupakan hal yang sangat penting, terutama sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat, yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah.

Bupati berharap, kegiatan penyerahan bantuan sosial yang rutin dilaksanakan setiap tahun dapat membantu meringankan beban masyarakat Lima Puluh Kota.

“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi lembaga, pihak swasta, dan masyarakat sekitar agar turut peduli dan bertindak langsung untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mari sama-sama kita memajukan dan mensejahterahkan masyarakat Lima Puluh Kota,” ucapnya.

Penyerahan bantuan senilai Rp 273.789.300 kepada 154 penerima yang tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kepala Sentra Abiseka Pekanbaru, Ema Widiati, menjelaskan bahwa total bantuan yang diserahkan mencapai Rp 273,7 juta.

Bantuan tesebut terdiri dari dukungan aksebilitas untuk 26 PPKS, paket kewirausahaan untuk 8 PPKS, dan pemenuhan hidup layak bagi 152 PPKS.

“Ada PPKS yang menerima bantuan lebih dari satu jenis bantuan. Bantuan yang kita serahkan ini tersebar di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota,” katanya.

Ia menambahkan bahwa bantuan yang diserahkan hanya berbentuk stimulan bagi PPKS, sehingga diharapkan nantinya dapat mendorong tumbuhnya kemandirian masyarakat.

Salah seorang penerima bantuan, Firdaus, menyatakan bahwa dirinya sangat terharu dengan bantuan yang diberikan oleh Bupati Safaruddin. Ia berjanji akan menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin.

“Saya sehari-hari bekerja sebagai jasa pijit di Jorong Kubang Tungkek, Nagari Guguak VIII Koto. Bantuan ini, Insya Allah akan saya pergunakan untuk keperluan usaha pijit. Terima kasih Bapak Bupati Safaruddin atas bantuannya. Semoga dibalas oleh Allah SWT,” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala BBPPKS Padang, Serimaka Boru Karo, Ketua LKKS Lima Puluh Kota, Nevi Safaruddin.

Kemudian Kepala Dinas Sosial Lima Puluh Kota, Indra Suryani, para Camat yang menjadi lokus bantuan, PPKS, dan keluarga.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait